Timnas U-23 Terbentuk Usai Seleksi di Yogyakarta

Timnas U-23 Terbentuk Usai Seleksi di Yogyakarta

Sejumlah pemain Tim Nasional (Timnas) U-23 melakukan latihan di Lapangan UNY Yogyakarta, Sabtu (29/11). Pelatih U-23 akan melakukan pemilihan pemain untuk SEA Games 2015.(Foto:ANTARA)

Sleman - Timnas U-23 terbentuk menyusul usainya seleksi terhadap sejumlah pemain yang diincar memperkuat Tim Nasional Sepak Bola Usia di bawah 23 tahun untuk SEA Games 2015 di Lapangan Universitas Yogyakarta.

"Saat ini tim sudah terbentuk, dan fokus selanjutnya ke tahap uji coba melawan Qatar pada 5 Januari 2015," kata Pelatih Kepala Timnas Indonesia U-23, Aji Santoso di Sleman, Sabtu (6/12/2014)

Menurut dia, persiapan tanding uji coba persahabatan internasional ini, akan dimulai pertengahan Desember ini, dan sudah masuk dalam program pemusatan latihan timnas (pelatnas) untuk SEA Games Juni 2015.

"Melawan Qatar di Australia nanti, merupakan uji coba resmi yang pertama dalam persiapan menghapi SEA Games ini. Sebelum berangkat anak-anak akan sedikit dimatangkan terlebih dahulu dengan melakukan latih tanding melawan tim lokal," katanya.

Ia mengatakan, dalam persiapan menghadapi Qatar diikuti para pemain yang lolos dalam seleksi selama sembilan hari ini di Sleman, Yogyakarta.

"Kami akan panggil lagi pemain (yang lolos seleksi) pada 15 sampai 19 Desember. Ini untuk persiapan melawan Qatar," katanya.

Aji mengatakan, seleksi yang diikuti sebanyak 53 pemain ditambah dua orang yang menyusul, yaitu Gavin Kwan Adsit dan Ryuji Utomo, tim pelatih hanya akan memanggil sebanyak 25 hingga 30 pemain saja.

"Mereka yang lolos sudah benar-benar mempunyai kriteria yang telah diinginkan. Sudah kami dapatkan nama-namanya. Hanya 25 sampai 30 pemain saja nanti," katanya.

Ia mengatakan, kriteria yang dimaksud, yaitu terutama mempunyai agresivitas dalam bermain, dinamis, berani capek, serta mempunyai tipe pekerja keras.

"Penilaian ini dilakukan tim pelatih secara fair selama sembilan hari ini. Tidak ada pemain titipan. Titipan dari malaikatpun, kalau jelek saya pulangkan. Yang jelas, pemain yang agresif, dinamis, berani capek, dan kerja keras," katanya.

Sedangkan penilaiannya kepada dua pemain seleksi susulan, yang baru datang dari Jepang karena mengikuti trial, Gavin Kwan Adsit dan Ryuji Utomo, Aji Santoso memastikan masih akan memberikan kesempatan dengan memanggil keduanya nanti.

"Pada tahapan pertama ini mereka, hanya mengikuti satu hari saja. Selain itu dalam seleksi Sabtu (6/12) mereka masih terlihat capek," katanya.

Selain mereka, lanjut Aji, juga akan ada tambahan beberapa pemain yang tidak ikut dalam tahap seleksi kemarin. Diantaranya Evan Dimas, Manahati Lestusen, Indra Cahya, serta Alfin Tuasalamony. (AY)

.

Categories:Sepak bola,