Ungguli Malaysia, Indonesia ke Final Axiata Cup

Ungguli Malaysia, Indonesia ke Final Axiata Cup

Atlet bulu tangkis Ganda Putra Indonesia Muhammad Ahsan (kiri) dan Markis Kido mengembalikan kok ke arah Atlet bulu tangkis Vietnam Bao Minh dan H.N. Khang dalam Axiata Cup di Britama Sport Mall, Jakarta, Jumat (28/11). Ganda putra Indonesia menang dengan

Jakarta - Tim Indonesia melaju ke babak final setelah unggul selisih game atas Tim Malaysia dalam semifinal turnamen Axiata Cup 2014 di Badminton Stadium Kuala Lumpur, Malaysia, Sabtu (6/12/2014).

"Kami bersyukur dapat lolos ke final. Meski skornya imbang 2-2, kami bisa menang selisih game. Tentu ini tidak lepas dari kerja keras atlet kita," kata Manajer Tim Indonesia Aryono Mirana, seperti dikutip Tim Humas dan Media Sosial Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI).

Aryono mengatakan kemenangan Tim Indonesia dilatarbelakangi kepercayaan seluruh tim kepada para atlet, termasuk memasangkan atlet senior Markis Kido dan atlet junior Kevin Sanjaya Sukamuljo dalam kategori ganda putra.

"Pada final nanti, tentu kami tidak dapat memilih ingin melawan siapa. Yang pasti, kami akan tetap menurunkan susunan pemain terbaik siapapun lawannya nanti," kata pria yang kerap disapa koh Ar itu.

Tim Indonesia mengimbangi perolehan skor atas Tim Malaysia dalam kategori tunggal putra dan ganda campuran.

Tommy Sugiarto yang mewakili Indonesia dalam partai tunggal putra mampu melibas Chong Wei Feng dengan skor 21-16 dan 21-19.

"Turun di game pertama pastinya kalau tekanan ada. Sebisa mungkin saya ingin menjadi pembuka jalan bagi teman-teman agar bisa lebih percaya diri," kata Tommy.

Pada kategori ganda campuran, Riky Widianto/Richi Puspita Dili juga sukses menaklukkan Chan Peng Soon/Lai Pei Jing dengan skor 21-14 dan 22-20.

Namun, Indonesia tertinggal pada kategori tunggal putri setelah Bellaetrix Manuputty dikalahkan Tee Jing Yi dengan skor 21-13, 20-22, dan 19-21.

Pasangan atlet senior dan atlet junior Kido/Kevin juga tidak dapat menyumbangkan angka bagi Tim Indonesia setelah dipaksa menyerah ganda putra Malaysia Tan Boon Heong/Tan Wee Kiong dengan skor 10-21, 21-13, dan 18-21.

Keunggulan Tim Indonesia atas selisih game terhadap Tim Malaysia membuat pelatih Malaysia Rashid Sidek kecewa.

"Semua pemain sudah memberikan yang terbaik. Hanya memang pada kategori ganda campuran kamu terus tertekan. Mereka tidak dapat mengeluarkan permainan terbaiknya, harusnya mereka tampil lebih baik dari tadi," kata Sidek.

Babak penyisihan Axiata Cup 2014 digelar mulai Kamis (27/11) di Stadion Britama Arena Jakarta hingga Rabu (3/12). Sedangkan babak semifinal dan final akan digelar pada Sabtu (6/12) dan Minggu (7/12) di Kuala Lumpur Badminton Stadium Kuala Lumpur.

Panitia kejuaraan berhadiah total satu juta dolar AS itu menetapkan harga tiket masuk sebesar Rp75 ribu untuk kelas VIP dan Rp25 ribu untuk kelas reguler. (AY)

.

Categories:Olahraga,