Dispangtan, Penyembelihan Hewan Kurban Baiknya di RPH

Dispangtan, Penyembelihan Hewan Kurban Baiknya di RPH

Penyembelihan hewan kurban di RPH Ciroyom Dinas Pangan dan Pertanian Kota Bandung. (foto - humas)

Bandung  -  Pemerintah  menganjurkan   semua   penyembelihan  dan  pemotongan  hewan  kurban  agar  dilakukan  di Rumah Potong Hewan (RPH). Namun karena keterbatasan, di Bandung banyak tempat penyembelihan hewan kurban di luar RPH.

Menurut Kepala Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Bandung Gin Gin Ginanjar, Pemkot Bandung hanya memiliki dua RPH. Yakni yang berlokasi di Jalan Arjuna dan di kawasan Cirangrang.

"Di kita ada dua RPH, yaitu di Cirangrang dan Arjuna. Dari segi kapasitas dan kemampuan memang terbatas, apalagi dengan adanya pandemi ini ada pembatasan," kata Gin Gin, Jumat (31/7/2020). Penyembelihan hewan kurban yaitu sapi di dua RPH tersebut akan dilakukan selama 3 hari.

Selama masa penyembelihan itu, per harinya rata-rata hewan kurban yang dipotong di RPH Arjuna sebanyak 170 ekor, sedangkan di RPH Cirangrang sebanyak 90 ekor. "Kita batasi satu hari segitu jumlahnya," katanya.

RPH katanya, bertugas menyembelih hingga memotong sampai 4 bagian besar hewan kurban yang dititipkan masyarakat. Setelah terpotong menjadi 4 bagian besar, panitia penyelenggara kurban akan memotong lagi hingga kecil, dan disalurkan kepada masyarakat.

"Jadi yang hadir disini itu penyelenggara kurban dan yang menitipkan," katanya. Ia memastikan. standar protokol kesehatan di RPH sudah diterapkan dengan ketat.

Antara lain mulai dari petugas menggunakan alat pelindung diri (APD) seperti masker, sarung tangan hingga penyediaan tempat cuci tangan. "Sejak awal protokol kesehatan ini jadi yang terpenting, prosedur di RPH sudah kita atur," katanya. (Jr.)**

.

Categories:Bandung,
Tags:,