Ike Muti Terancam Dipidana Pemprov DKI Terkait Unggahan

Ike Muti Terancam Dipidana Pemprov DKI Terkait Unggahan

Indah Kartika Mutiarawati. (foto - Instagram)

Jakarta  -  Aktris Indah  Kartika  Mutiarawati  atau  sapaan  akrabnya  Ike  Muti  disomasi  Pemerintah  Provinsi  DKI Jakarta terkait postingannya bersama Presiden Jokowi. Alasan mengirim surat somasi disebabkan postingan Ike Muti dinilai merugikan nama baik Pemprov DKI Jakarta.

"Alasan bisa dilihat dalam surat tersebut, yang merugikan nama baik pemda selaku institusi dengan unggahan yang dipostingnya," kata Kabiro Hukum Setda Pemprov DKI Jakarta Yayan Yuhanah kepada wartawan, Jumat (31/7/2020).

Namun, ia tak menjabarkan secara detail mengapa memilih langkah somasi dibanding laporan. Ia hanya menyebutkan, ini prosedur awal memberikan peringatan kepada Ike Muti. "Prosedurnya harus ada peringatan dulu," katanya.

Bahkan, surat somasi itu pun ditunjukkan Pemprov DKI melalui akun twitter @DKIJakarta, yang membalas postingan Ike di akun twitternya @IkeMutiP. Isi surat peringatan itu yakni Pemprov DKI mempermasalahkan unggahan Ike di akun instagram @Ikemuti16, yang mengatakan adanya tawaran project di Pemda DKI dengan mensyaratkan Ike untuk menghapus fotonya dengan Presiden Jokowi.

"Salam, Ibu Ike Muti. Kami telah mengirimkan surat somasi kepada Saudara atas isi postingan Saudara di IG yang tidak faktual tsb," demikian tulis Pemprov DKI Jakarta. Pemprov menilai, isi unggahan Ike yang menautkan foto dirinya sedang bersalaman dengan Jokowi itu tidak faktual, tidak benar dan berisi kebohongan.

"Ya, berisi kebohongan serta telah viral di medsos yang membuat nama baik Pemprov DKI Jakarta dirugikan," tulis Pemprov. Lantaran dianggap merugikan, pemprov memperingatkan Ike untuk menjelaskan proyek apa yang dimaksud dan siapa penanggung jawabnya.

Selain itu, meminta Ike menyebutkan dengan jelas siapa, kapan dan melalui media komunikasi apa yang menyuruh Ike menghapus fotonya dengan Jokowi untuk mendapatkan proyek. Terakhir, pemprov meminta Ike untuk menunjukkan bukti komunikasi, yang menyatakan permintaan Pemprov untuk menghapus fotonya dengan Presiden.

"Kami tunggu dalam waktu 2 x 24 jam terhitung sejak Jumat 31 Juli 2020. Jika tidak ada penjelasan dan klarifikasi secara tertulis dan ditandatangani di atas materai dari saudara, kami akan langsung menempuh semua upaya hukum sesuai kaidah hukum pidana," lanjut Pemprov DKI.

Sementara itu, Ike Muti menyebut ada salah satu pihak yang menawarinya pekerjaan berupa membintangi serial web. Namun Ike menolak tawaran kerja tersebut karena mereka ingin foto Ike Muti bersama Jokowi dihapus.

"TUHAN MEMANG BAIK disaat #pandemi saya masih ada bbrp tawaran #webseries tapi kalau ada tawaran rezeki ke saya dengan MEMINTA SAYA UNTUK MENGHAPUS FOTO2 DISOSMED yang ada BAPAK PRESIDEN kita @jokowi kok rasanya GAK PROFESIONAL banget!!!," tulis Ike dalam akun instagaramnya, @ikemuti16.

Foto yang memicu Pemprov DKI simasi Ike Muti.

Menurut Ike, pekerjaan itu bekerja sama dengan Pemda DKI. Ike menyatakan alasan dirinya tidak dipilih untuk membintangi serial web tersebut, karena terang-terangan menyatakan dukungannya kepada Jokowi.

"Rezeki gak kemana BOSSSS!!!... CINTA saya mengalahkan segalanya ke #presidenrepublikindonesia.. Menurut mrk saya #jokowi banget makanya saya gak kepilih di project #pemdadki itu.. waooooooooo," tulisnya.

Ike kembali bersikukuh tidak akan menghapus foto tersebut. Menurutnya, hak Ike untuk mengunggah foto bersama siapa pun, termasuk Jokowi. Maka ia lebih memilih menolak tawaran kerja daripada menghapus foto.

"Numpang tanya deh apakah kalian yg punya project itu lupa yaa kalau project kalian itu dikerjakan di IBUKOTA JAKARTA yang mana notabenenya masih dipimpin oleh PRESIDEN INDONESIA kita yaitu Bapak #jokowi.. Jadi wajib hukumnya kita menghormati beliau ..Dan HAK saya juga lah utk memposting atau memasang foto dengan #presidenku," tulisnya lagi.

Di akhir unggahannya, Ike Muti berharap oknum tersebut mencontoh sikap Jokowi. Ia pun mendoakan kelancaran proyek itu. "Saya doakan semoga project #pemdadki itu lancar jaya yaaa..Inget lhoo Bapak PRESIDEN JOKOWI tidak pernah membenci siapapun beliau sangat bijaksana..harusnya mencontohlah sikap beliau BOSSS!!!," lanjutnya. (Jr.)**

.

Categories:Nasional,
Tags:,