Tiga Kandidat Calon Rektor ITB Ditetapkan

Tiga Kandidat Calon Rektor ITB Ditetapkan

Kampus ITB,Bandung-Jawa Barat

Bandung - Setelah 5 nama bakal calon rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) ditetapkan dan telah melalui tahapan dan proses pemilihan kini  diputuskan 3 nama calon yang akan dipilih pada tanggal (15/12/2014).

Ketiga nama calon Rektor ITB tersebut yaitu Intan Ahmad, Kadarsah Suryadi, dan Indratmo Soekarno. Sebelumnya dari 38 nama yang mendaftar, terpilih 25 nama, lalu melalui tahapan dan proses berkurang menjadi 10 nama bakal calon yang dipilih oleh Senat Akademik. 

Dari 10 nama, akhirnya Senat Akademik ITB mengajukan lima nama bakal calon untuk diuji kepatutannya oleh Majelis Wali Amanat (MWA). 

Setelah melalui proses persentasi dan tanya jawab, selama kurang lebih 30 menit kepada lima nama bakal calon, tersebut yaitu Deny Juanda Puradimaja, Intan Ahmad, Hermawan K. Dipjono, Kadarsah Suryadi dan Indratmo Soekarno, terpilihlah tiga nama calon yang sesuai dengan kriteria penilaian oleh MWA.

Majelis Wali Amanat, Betti S. Alisyahbana mengatakan, dalam proses pemilihan nanti  akan melalui musyawarah mufakat, tetapi apabila melalui proses tersebut tidak mendapatkan kata mufakat, maka akan dilakukan voting sesuai dengan komposisi suara yang sudah ditetapkan.

"Proses pemilihan tanggal 15 Desember nanti melalui musyawarah untuk mufakat, apabila tidak mendapatkan mufakat maka akan voting dengan komposisi yang 35% untuk suara menteri,"ujarnya kepada wartawan di Ruang Rapat MWA, Jalan Surapati No. 3, Kota Bandung, Sabtu (6/12)/2014).

Dalam hal ini Betti menjelaskan, ada 15 orang pemilik suara, diantaranya Menteri Pendidikan Tinggi dan Teknologi, Gubernur Jawa Barat, MWA, wakil masyarakat, dan dari ikatan alumni ITB. Dari 15 suara tersebut, menteri memiliki nilai suara sebesar 35%, sisanya memiliki nilai sama, hal tersebut tercantum dalam undang undang..

"Pertimbangan MWA hingga terpilih ketiga nama tersebut, yaitu menurut penilaian para bakal calon saat mempresentasikan program dan target selama lima tahun ke depan," paparnya

Dirinya berharap, dengan terpilihnya bakal calon rektor  yang terbaik, yang mumpuni, akan mampu membangun ITB ke arah yang lebih baik ke depannya.(Ode)**
.

Categories:Bandung,