Otoritas Saudi Pastikan Seluruh Jamaah Haji Bebas Covid-19

Otoritas Saudi Pastikan Seluruh Jamaah Haji Bebas Covid-19

Suasana saat jamaah lempar jumrah di Jamaraat Mina. (foto - haramaininfo)

Riyadh  -  Kementerian  Kesehatan  Arab  Saudi  memastikan,  tak ada seorang  jamaah  haji  pun  yang  terdeteksi  positif Corona (Covid-19).

"Sangat meyakinkan tidak ada kasus Coronavirus atau penyakit lain yang mempengaruhi kesehatan para jamaah yang dilaporkan," kata juru bicara Kementerian Kesehatan Mohammed Al-Abd Al-Ali.

Dilansir Arab News, Jumat (1/8/2020), dalam pengarahan haji hariannya di Mekah, ia menyatakan layanan kesehatan sepenuhnya siap untuk melayani setiap masalah kesehatan yang muncul.

Sedikitnya terdapat 1.456 tempat tidur rumah sakit yang disediakan, termasuk 272 untuk perawatan intensif, 331 ruang isolasi dan lebih dari 200 tempat tidur gawat darurat. Tim kesehatan juga disiapkan dalam rangka pencegahan penyebaran virus Corona.

Jamaah terapkan social distancing menuju tempat lempar jumrah di Mina.

Sementara itu, juru bicara keamanan Kementerian Dalam Negeri Letnan Kolonel Talal Al-Shalhoub mengatakan, petugas keamanan bertugas mengawasi para jamaah haji untuk memastikan penerapan jarak sosial. "Mereka juga mencegah jamaah ilegal untuk mendapatkan akses ke situs-situs suci di tanah suci," tegas Al-Shalhoub.

Seperti diketahui, pemerintah Raja Salman membuka kesempatan haji "terbatas" dengan peserta hanya 10.000 orang, di mana 70 persen di antaranya ekspatriat dan 30 persennya warga Arab Saudi. Ribuan jamaah haji tahun ini memulai ibadahnya pada Rabu 29 Juli 2020 lalu.

Sejumlah media lokal dan internasional pun tidak diperkenankan untuk meliput langsung pelaksanaan ibadah haji pada tahun ini. Kerajaan Arab Saudi menggantinya dengan rekaman langsung dari Masjidil Haram. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,