"Cahaya Dari Timur" Film Terbaik FFI 2014

penyerahan piala citra film terbaik FFI 2014. (Foto: @GWirjawan)

Palembang- Film "Cahaya Dari Timur:Beta Maluku" yang diproduseri musisi dan penyanyi Glenn Fredly akhirnya keluar sebagai peraih Piala Citra sebagai Film Terbaik Festival Film Indonesia 2014 yang berlangsung di Palembang, Sumatra Selatan, Sabtu (6/12/2014). 
 
Film ini juga menghantarkan aktor Chicco Jericho sebagai Pemeran Utama Pria Terbaik FFI 2014.  
 
Keberhasilan ini dirayakan dengan mengundang seluruh kru dan pemain film yang hadir di Malam Anugerah FFI 2014 ke panggung. Dan yang istimewa, "Cahaya dari Timur" menjadi peraih Piala Citra pertama yang trofinya diserahkan langsung oleh Presiden Joko Widodo.
Sedangkan Pemeran Utama Wanita Terbaik FFI 2014 diraih oleh Dewi Irawan dalam film "Tabula Rasa".
 
Untuk Pemeran Pembantu Wanita Terbaik FFI 2014 diberikan pada Tika Bravani berkat permainannya dalam film "Soekarno"   arahan sutradara Hanung Bramantyo. Dan Pemeran Pembantu Pria Terbaik dimenangkan oleh Yayuk Undru pada film "Tabula Rasa". 
 
Sementara untuk Sutradara Terbaik FFI 2014 digondol oleh Adriyanto Dewo dalam film "Tabula Rasa".
 
Kemenangan film "Cahaya dari Timur: Beta Maluku" yang masuk nominasi 8 kategori sungguh mampu membuat spekulasi di kalangan insan perfilman. Pasalnya, film ini mampu menumbangkan film "Soekarno" yang mampu meraih cukup banyak nominasi. 
 
Film Cahaya dari Timur menceritakan kisah seorang pemuda bernama Sani Tawainella (Chicco Jericho) yang ingin menyelamatkan anak-anak di kampungnya dari konflik agama di Ambon melalui sepak bola.
 
Di tengah kesulitan hidup serta pilihan antara keluarga atau tim sepak bolanya, Sani ditugaskan membawa timnya mewakili Maluku di kejuaraan nasional. Namun keputusannya membaurkan anak-anak yang berbeda agama dalam satu tim justru menyebabkan perpecahan.
Isu ideologis dan sosiologis dalam kisah film ini memang menjadi salah satu kekuatan film ini selain para aktor dan aktris beken. Selain Chico, film ini didukung aktris gaek, Jajang C. Noer.(Ode)**
 
.

Categories:Film,
Tags:film,