7 Wisatawan Terseret Ombak di Bantul, 2 Orang Tewas 5 Hilang

7 Wisatawan Terseret Ombak di Bantul, 2 Orang Tewas 5 Hilang

7 wisatawan terseret ombak Pantai Gua Cemara di Desa Gadingsari Kecamatan Sanden Bantul Yogyakarta. (foto - ist)

Bantul - Dua orang wisatawan ditemukan tewas dan lima orang lainnya dinyatakan hilang setelah terseret ombak Pantai Gua Cemara yang berada di Dukuh Patihan Desa Gadingsari Kecamatan Sanden Bantul DI Yogyakarta.

"Kita mendapat laporan dari Pos AL (Angkatan Laut), ada tujuh pengunjung (wisatawan) yang terseret ombak di Pantai Gua Cemara," kata Humas Basarnas Yogyakarta Pipit Eriyanto, Kamis (6/8/2020).

Ketujuh orang itu yakni Joko Widodo (30), Muh Zafir Zakie Alfarizi (8), Muhammad Rizki Romadhon (7), Ahmad Chairul Fatah (4) semuanya merupakan warga Cemoro Kecamatan Tempel, Sleman.

Sedangkan tiga korban lainnya, Muhammad Zidan Abdari (8), Uli Nur Rochmi (28), Ahmad Nur Fauzi (30) yang merupakan warga Ngentak Tempel Sleman Yogyakarta.

Mengenai kronologi kejadian, korban tenggelam berawal saat tujuh orang itu berwisata di Pantai Gua Cemara. Sekitar pukul 09.00 WIB, rombongan tiba di pantai dan bermain bola di pinggir pantai.

Tiba-tiba datang ombak besar yang menyeret korban ke tengah dan langsung hanyut. Dua korban Uli Nur dan Ahmad Nurfauzi ditemukan di pinggir, dan dievakuasi ke Puskesmas Sanden.

Namun, saat tiba di puskesmas kondisinya sudah meninggal dunia. "Kita masih melakukan pencarian dengan melakukan penyisiran melibatkan Polairud, SAR Linmas, POS AL dan potensi SAR lain relawan dan masyarakat," katanya.

Kapolsek Sanden AKP Tukirin mengatakan, rombongan itu datang dan bermain bola. Mungkin lantaran asyik bermain, bola yang ditendang masuk ke laut dan korban berusaha untuk mengambil.

Namun, saat bersamaan datang ombak besar menyeret mereka ke tengah yang menyebabkan mereka tenggelam. "Kedua korban tersebut ditemukan di pinggir, tetapi sampai di puskesmas korban meninggal," katanya.

Sebenarnya, petugas sudah mengimbau kepada wisatawan untuk hati-hati ketika berkunjung ke pantai. Apalagi dalam beberapa hari ini gelombang cukup besar. "Petugas sebenarnya sudah mengimbau, mungkin mereka terlalu asyik," kata Kapolsek. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,