4 Puskesmas di Bandung Gelar Penyuntikan Vaksin Covid-19

4 Puskesmas di Bandung Gelar Penyuntikan Vaksin Covid-19

4 Puskesmas di Bandung Gelar Penyuntikan Vaksin Covid-19. (foto - ist)

Bandung - Sedikitnya empat puskesmas yang berada di wilayah Kota Bandung melaksanakan penyuntikan calon vaksin Covid-19 secara serempak, Jumat (14/8/2020).

Kepala Dinas Kesehatan Bandung Rita Verita menjelaskan, uji klinis calon vaksin yang didatangan dari Cina itu dilakukan di Puskesmas Garuda, Puskesmas Dago, Puskesmas Ciumbuleuit serta Puskesmas Sukapakir.

“Di empat puskemas di Kota Bandung secara paralel diberikan V1, karena V0 sudah diberikan pada Selasa lalu,” kata Rita di Puskesmas Garuda Kecamatan Andir Kota Bandung.

Rita mengatakan, rata-rata puskemas yang melakukan uji klinis vaksin Covid-19 menangani 20 relawan pada setiap tahap penyuntikan. Proses uji klinis vaksin Covid-19 itu sendiri akan dilakukan hingga 6 bulan ke depan.

"Mudah-mudahan kalau lancar hasilnya baik, sehingga tahun depan kita sudah bisa memproduksi vaksinnya untuk disuntikkan kepada masyarakat," katanya.

Sementara itu, Manajer Lapangan Uji Klinis Vaksin Covid-19 Eddy Fadlyana menyatakan, sampai saat ini sebanyak 121 relawan sudah menjalani penyuntikan dari tim peneliti uji klinis calon vaksin Covid-19 dari perusahaan Sinovac Cina tersebut.

Sedangan relawan yang sudah terdaftar untuk bersedia disuntik sejauh ini sebanyak 1.542 orang. Ratusan relawan yang sudah menjalani penyuntikan tersebut berdasarkan data sementara, hingga Jumat malam.

Mereka mendapat pelayanan di berbagai tempat yang sudah ditentukan. Sebanyak 21 Orang yang disuntik di hari pertama di RSP Unpad. Agenda tersebut tidak dilanjutkan selama dua hari berikutnya. (Jr.)**

 

.

Categories:Nasional,
Tags:,