Bangunan Lantai 4 di Pusat Kota Mesir Runtuh Melukai 5 Orang

Bangunan Lantai 4 di Pusat Kota Mesir Runtuh Melukai 5 Orang

Bangunan berlantai 4 di pusat Kota Kairo runtuh. (foto - AFP)

Kairo - Sebuah bangunan di yang berada pusat Kairo, ibukota Mesir sebagian runtuh. Lima orang terluka akibat kejadian tersebut.

Dilansir AFP, Sabtu (15/8/2020) pihak berwenang yang bergegas ke gedung di Jalan Kasr al-Nile, dekat Tahrir Square yang ikonik merawat 14 orang, termasuk pejalan kaki dan membawa lima orang ke rumah sakit.

"Investigasi telah dilakukan untuk menyelidiki mengenai penyebab runtuhnya bangunan, yang terdaftar sebagai warisan budaya tersebut," demikian tulis gubernur Kairo lewat Facebook-nya.

Ia mengatakan, properti berlantai empat yang rusak itu menampung beberapa toko dan dua apartemen tempat tinggal. Seorang reporter AFP di tempat kejadian dikelilingi oleh puing, penuh dengan ambulans dan truk pemadam kebakaran mengatakan "gedung itu hancur dan hampir tidak dapat bertahan".

Diketahui, runtuhnya bangunan di Mesir sering terjadi karena lemahnya penegakan peraturan konstruksi dan pemeliharaan. Pengembang secara ilegal pun menambahkan lantai untuk meningkatkan keuntungan.

Pada Juli lalu, bangunan di pinggiran kota Kairo Zamalek yang kelas atas dekat dengan kedutaan, menunjukkan retakan dalam yang mendorong pihak berwenang untuk mengevakuasi penduduk karena khawatir akan runtuh.

Salah satu bencana kota terburuk terjadi pada 2014 ketika sebuah gedung Kairo runtuh menewaskan 19 orang. Pusat kota Kairo membanggakan bangunan yang berusia hampir 200 tahun, memadukan motif Islam dan Eropa, kolom neo-klasik dan dekorasi hiasan.

Banyak bangunan yang terdaftar di UNESCO telah rusak dan hancur, dalam upaya Mesir untuk melakukan pembaruan perkotaan. (Jr.)**

.

Categories:Gaya hidup,
Tags:,