Kabut Tebal Selimuti Wilayah Bandung Raya di Minggu Pagi

Kabut Tebal Selimuti Wilayah Bandung Raya di Minggu Pagi

Kabut tebal selimuti wilayah Bandung Raya pada Minggu 16 Agustus 2020 pagi. (foto - Twitter)

Bandung  -  Sejumlah  warganet  marak  mengabarkan  mengenai  Kota  Bandung  yang  diselimuti  kabut  tebal,  Minggu 16 Agustus 2020 pagi. Diketahui, kabut itu pun menyelimuti sejumlah wilayah sejak beberapa hari terakhir ini.

Seperti dikabarkan oleh salah seorang warga lewat akun twitter @wongsdigun yang menyampaikan, kabut tebal menyelimuti kawasan Bandung Selatan. "Hati-hati dari Baleendah sampai daerah Bojongsoang Kabupaten Bandung terdapat kabut tebal #Infocuaca," tulisnya.

Tak hanya itu kawasan Ciganitri Kabupaten Bandung pun terpantau diselimuti kabut cukup tebal. "GBA 3 Ciganitri juga sama," cuit akun @hahaha222210, Minggu (16/8/2020).

Sebelumnya, Prakirawan Cuaca BMKG Kota Bandung Muhammad Iid menyampaikan, dalam beberapa hari terakhir ini ini wilayah Bandung memang kerap diselimuti kabut, terutama pada pagi hari.

Menurutnya, kabut tersebut sebetulnya terbentuk karena adanya kelembaban udara yang cukup tinggi, utamanya yang terjadi pada sore dan malam di hari sebelumnya.

"Kondisinya memang sedikit lembab bahkan beberapa daerah cukup lembab, sehingga ada potensi hujan di sore jelang malam tapi. Hal itu karena ada gangguan angin hingga tidak terjadi hujan. Namun pada malam dan dinihari relatif lembab, sehingga kondisi pada pagi hari udara cukup dingin sehingga menimbulkan kabut," kata Iid.

Iid menjelaskan, adanya kabut pada pagi hari merupakan hal yang wajar dan lumrah terjadi. Pasalnya, hal tersebut memang merupakan fenomena alam yang rutin terjadi.

"Ini hal yang wajar terjadi pada kondisi udara yang relatif lembab pada sore dan malam hari sebelumnya, Dengan demikian, pada pagi harinya terbentuk kabut cukup tebal," katanya.

Dalam beberapa hari ke depan, kelembaban udara di wilayah Bandung Raya diperkirakan masih cukup tinggi. Oleh kareba itu, hal itu akan berpotensi pada pembentukan awan hujan.

Namun demikian, karena adanya gangguan angin meski sudah terbentuk awan hujan, hujan tersebut tidak jadi turun. Sehingga akan ada selimut kabut dalam beberapa hari ke depan di wilayah Bandung Raya. (Jr.)**

.

Categories:Infotech,
Tags:,