Emil Pamer PCR Portable ke KSAD, 40 Menit Periksa 8 Orang

Emil Pamer PCR Portable ke KSAD, 40 Menit Periksa 8 Orang

Ridwan Kamil pamerkan alat tes PCR portable. (foto - ist)

Bandung  -  Gubernur  Jabar  Ridwan  Kamil  pamerkan  alat  tes  PCR  seukuran  koper  (portable)  kepada  KSAD Jenderal Andika Perkasa dan Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono di Gedung Sate Bandung.

Sebelumnya, alat itu pun dipamerkan kepada Presiden Joko Widodo ketika berkunjung ke Bandung beberapa waktu lalu. Emil menjelaskan, alat PCR tersebut dapat diberikan ke jajaran Kodim ataupun Babinsa yang ditempatkan di daerah.

Alat tersebut dapat mengetes sejumlah orang dalam waktu singkat dan dinilai cocok untuk geografis Indonesia. "Ini PCR jinjing yang kalau bapak bisa jadikan kebijakan, ini bisa dikasih ke Kodim atau Babinsa di level daerah. Kapasitasnya sekali pemeriksaan delapan orang selama 40 menit," kata Emil dalam keterangannya lewat video conference, Jumat (21/8/2020).

Alat tes tersebut katanya, merupakan inovasi dari Jabar mencocokkan dengan letak geografis. Diharapkan, dengan alat itu Corona di Jabar dapat dikendalikan dan diputus. Dari informasi, alat tes tersebut sudah mulai didistribusikan di Sumedang.

"Ini salah satu inovasi yang kita gunakan, kenapa? Sebab Jabar ada kota dan desa, ada yang padat dan tidak, ada yang gampang dijangkau dan ada yang susah, kombinasi dengan laboratorium gedung dan kombinasi dengan mobil PCR dan PCR jinjing," tegasnya.

Sebelumnya ia juga mengungkapkan, tes PCR yang dilakukan oleh Gugus Tugas Jabar sudah tertinggi kedua setelah DKI Jakarta. Sejauh ini, angka pengetesan menggunakan tes PCR di Jabar sudah menyentuh 189 ribu, dan kapasitas tes di angka 15 - 20 ribu per pekan. (Jr.)**

.

Categories:Nasional,
Tags:,

terkait

    Tidak ada artikel terkait