50 ribu rumah di California Terancam hangus 5 orang Tewas

50 ribu rumah di California Terancam hangus 5 orang Tewas

Kebakaran hutan di California utara meluas. (foto - Associated Press)

California  -  Puluhan  ribu  rumah  penduduk  terancam  hangus  dalam  insiden  kebakaran  hutan di  utara  California yang terus meluas hingga telah menewaskan sedikitnya lima orang.

Berdasarkan keterangan Sheriff Thomas Ferrara, seorang warga sipil tewas di wilayah Solano, sebelah timur laut wilayah Teluk San Francisco.

Dilansir CP24, Jumat (21/8/2020) seorang pekerja utilitas gas dan listrik yang membantu pembersihan awal ditemukan tewas di sebuah kendaraan di daerah Vacaville, antara San Francisco dan Sacramento.

Sementara korban lainnya merupakan pilot yang tengah dalam misi pemadaman dalam kebakaran hutan tersebut. Ia terjatuh bersama dengan helikopter yang dikemudikannya.

Gubernur California Gavin Newsom menyatakan, kebakaran hutan tersebut sebagai bentuk nyata perubahaan iklim. "Apabila Anda menyangkal mengenai perubahan iklim, maka datanglah ke California," katanya.

Kebakaran yang menghanguskan hutan di wilayah California itu sendiri semakin meluas. Sehingga sejumlah petugas pemadam kebakaran dari negara bagian lain, turut membantu untuk memadamkan kobaran api.

Sejauh ini, kebakaran telah menghancurkan 175 bangunan, termasuk rumah dan mengancam 50 ribu bangunan lainnya. Secara keseluruhan, kebakaran juga melukai 33 warga sipil dan petugas pemadam kebakaran. Korban hilang dilaporkan sebanyak dua orang.

Dilaporkan, lebih dari 10 ribu petugas dikerahkan di garis depan. Namun demikian, petugas pemadam yang bertanggung jawab atas setiap kompleks mengatakan, mereka kekurangan jujmlah petugas atau sumber daya.

Bahkan, beberapa petugas pemadam bekerja selama 72 jam. Negara bagian telah meminta 375 mesin pemadam dan tambahan personel dari negara bagian lain.

"Hal itu dapat memungkinkan petugas pemadam kebakaran memiliki kesempatan untuk beristirahat," kata asisten Wakil Direktur Departemen Kehutanan dan Perlindungan Kebakaran Negara Bagian Daniel Berlant. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,