Gunung Slamet Muntahkan Pasir Hitam

Gunung Slamet Muntahkan Pasir Hitam

Gunung Slamet muntahkan pasir hitam

Banyumas – Gunung Slamet di Desa Melung, Kecamatan Kedugbanteng, Banyumas, Jawa Tengah, Rabu (17/09/2014) sekitar pukul 10.30 WIB, kembali memuntahkan pasir hitam. Dentuman gunung tertinggi di Jawa Tengah ini, sempat membuat kaget warga yang berada di lokasi.

Sebelumnya, Gunung Slamet memang sudah beberapa kali memuntahkan pasir yang diikuti dengan gempa skala kecil. Namun gunung ini sempat tidak melakukan aktifitas sejak Sabtu (13/09/2014).

Setidaknya terjadi tiga kali dentuman yang didengar oleh warga di sekitar kaki Gunung Slamet. Tak lama setelah dentuman tersebut, hujan pasir berwarna hitam jatuh di atap-atap rumah warga. Bahkan di kantor balai desa yang atapnya menggunakan seng terdengar suara pasir yang jatuh seperti suara hujan.

Bukan hanya warga Kota Banyumas yang dibuat kaget oleh dentuman Gunung Slamet tersebut, sebab warga Kota Purwokerto juga sempat dibuat waswas yang menurut mereka getarannya sampai membuat kaca-kaca jendela rumah warga bergetar.

Berdasarkan data yang diperoleh, dentuman dan gemuruh sedang hingga kuat terdengar berkali-kali. Tak hanya itu, latusan tercatat 2 kali dengan ketinggian abu mencapai 1.000 meter.

Adanya letusan tersebut, pastinya harus membuat warga di sekitar Gunung Slamet untuk selalu waspada dengan berbagai kemungkinan terburuk yang bisa saja terjadi. (AY)

.

Categories:Nasional,
Tags:nasional,