Ridwan Kamil Lepas Ekspor Ubi Jalar asal Arjasari ke Hongkong

Ridwan Kamil Lepas Ekspor Ubi Jalar asal  Arjasari ke Hongkong

Gubernur Jabar Ridwan Kamil lepas ekspor ubi jalar Arjasari ke Hongkong. (foto - humas)

Bandung - Ubi jalar produksi petani Kecamatan Arjasari Kabupaten Bandung diekspor ke Hongkong. Pelepasan ekspor ubi asal Arjasari itu dilakukan langsung oleh Gubernur Jabar Ridwan Kamil, Selasa (8/9/2020).

Menurut Ridwan Kamil, dirinya mengaku bangga atas adanya proses ekspor ubi jalar asal Arjasari itu ke Hongkong. Menurutnya, pertanian menjadi salah satu sektor yang tangguh meski di tengah situasi pandemi Covid-19.

"Saya bahagia dan rbangga karena apa yang diprediksi menjadi kenyataan. Ekonomi yang tangguh selama covid adalah sektor ketahanan pangan, salah satunya pertanian. Di dalam pertanian pun ada unggulan salah satunya adalah ubi jalar," kata Emil.

Ubi jalar yang dalam basa sunda dinamai hui boled itu akan diekspor ke Hongkong untuk berbagai keperluan. Di sana, ubi jalar banyak dijadikan tepung untuk keperluan berbagai macam jenis kuliner.

Dalam sebulan akan ada sebanyak 30 ton ubi jalar yang dikirim ke Hongkong. "Kalau hari ini kita mengekspor ke Hongkong, maka harapan saya tolong dicari negara lain yang punya gaya hidup dan kebutuhan ubi jalar seperti di Hongkong," katanya.

Selain itu, Emil pun mendorong agar produk pertanian lain untuk meningkatkan produksi dan kualitasnya agar semakin dikenal, sehingga bisa diekspor dan berdampak baik terhadap perekonomian.

Bahkan, ia meminta anak muda untuk tidak malu tinggal di desa dan mengembangkan pertanian. Pasalnya, pertanian ini menjadi salah satu sektor yang berpotensi menghasilkan keuntungan besar.

"Kita lagi mendorong agar anak muda itu mau tinggal di desa, jauh dari penyakit dan covid, tapi rezekinya kota, maka harus kuasai digital. Kita sedang kampanyekan petani milenial atau peternak milenial," tambahnya. (Jr.)**

.

Categories:Ekonomi,
Tags:,