Pembangunan Teras Cihampelas (Skywalk) fase II Mangkrak

Pembangunan Teras Cihampelas (Skywalk) fase II Mangkrak

Pembangunan Teras Cihampelas tahap 2 di Kota Bandung terbengkalai. (foto - ist)

Bandung  -  Menginjak  usia  yang  ke-210  banyak  proyek   pembangunan   infrastruktur  di  wilayah  Kota  Bandung  yang mangkrak. Satu di antaranya, proyek pembangunan Teras Cihampelas (Skywalk) tahap II, yang menelan biaya puluhan miliar.

Lagi-lagi pandemi virus Corona (Covid-19) menjadi kambing hitam terhambatnya penyelesaian sejumlah megaproyek infrastruktur, yang digagas Pemkot Bandung. Audit konstruksi yang diwacanakan Pemkot sejak sebelum pandemi Covid-19, hingga kini tak kunjung terealisasi.

Walikota Bandung Oded M Danial berdalih, audit belum dilakukan karena pandemi Covid-19. Setelah audit dilakukan, maka pembangunan tersebut akan dilanjutkan kembali hingga selesai.

"Skywalk yang mangkrak lama dibutuhkan audit konstruksi. Ke depan insyallah itu menjadi program kita untuk kembali lanjutkan," sebut Walikota Bandung Oded M. Danial kepada wartawan di Balaikota Bandung, Selasa (22/9/2020).

Menurutnya, pihaknya pada tahun 2020 ini sudah mengalokasikan anggaran pembangunan untuk Teras Cihampelas tahap II. Namun, reposisi anggaran akibat Covid-19 membuat rencana itu kembali tertunda.

namun demikian, ia pun tak menepis fakta sejumlah proyek pembangunan strategis Pemkot Bandung tertunda akibat pandemi Covid-19. Proyek pembangunan flyover untuk mengatasi masalah kemacetan pun terkena imbasnya.

"Insyallah akan mengupayakan (mengatasi kemacetan), salah satunya membangun flyover sebanyak mungkin. Kemacetan terjadi karena terlalu banyak lampu merah, kalau dibikin flyover akan membuat kemacetan sedikit terurai," katanya.

Kembali ke persoalan mangkraknya pembangunan Skywalk Cihampelas tahap dua menurutnya, tetap akan dilanjutkan. Namun, terlebih dahulu akan dilakukan audit konstruksi karena pekerjaan pembangunan yang sudah berlangsung lama.

"Apabila tingkat keamanan pada audit konstruksi bagus, maka pembangunan Teras Cihampelas tersebut segera dilanjutkan," katanya. (Jr.)**

.

Categories:Bandung,
Tags:,