Puluhan Ton Ikan & Sawah Siap Panen Terendam di Bogor

Puluhan Ton Ikan & Sawah Siap Panen Terendam di Bogor

Sawah dan kolam ikan diterjang banjir di Desa Cibunian Kecamatan Pamijahan Kabupaten Bogor. (foto - ist)

Bogor - Puluhan ton ikan ternak milik warga di Desa Cibunian Kecamatan Pamijahan Kabupaten Bogo ludes diterjang banjir, setelah Sungai Cianten meluap, Senin 21 September.

Menurut Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Pamijahan Yudi Hartono, bantaran Sungai Cianten memang dijadikan sebagai karamba peternakan ikan milik warga sekitar. Oleh karena itu, saat diterjang banjir, banyak keramba ikan milik warga hanyut.

"Di situ banyak petani ikan. Misalnya, satu petani kehilangan 15 ton ikan siap panen. Itu dari satu orang," kata Yudi, Selasa (22/9/2020).

Para petani ikan tersebut merugi puluhan hingga ratusan juta rupiah. Selain kolam ikan, banjir itu juga menyebabkan banyak sawah milik warga di bantaran Sungai Cianten yang sudah siap panen rusak.

"Banyak sawah siap panen juga rusak diterjang banjir tersebut," katanya. Untuk bangunan yang terdampak ada 13 rumah warga, terdiri atas 48 jiwa mengalami rusak ringan hingga sedang dan satu mushala.

Menurutnya, rata-rata bangunan itu rusak karena terendam banjir hingga setinggi kurang lebih 80 sentimeter. "Tidak ada korban jiwa dalam musibah itu," tegas Yudi.

Berdasarkan data terbaru dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor, sedikitnya 39 titik bencana banjir di wilayah Kabupaten Bogor mengalami longsor hingga angin kencang, yang tersebar di 12 kecamatan, pada Senin 21 September 2020.

Bencana tersebut disebabkan akibat curah hujan tinggi, yang hampir melanda seluruh wilayah di Bogor. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam bencana tersebut. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,