Ljajic Selamatkan AS Roma

Ljajic Selamatkan AS Roma

Ljajic Selamatkan AS Roma

Milan - Pemain sayap Serbia Adem Ljajic mencetak dua gol, termasuk gol penyama kedudukan pada fase akhir pertandingan, untuk membuat AS Roma bermain imbang 2-2 dengan Sassuolo yang mengancam harapan-harapan Tim Kuning-Merah untuk meraih gelar pada Sabtu (Minggu WIB).

Roma kemasukan gol-gol pertamanya di liga musim ini di Olimpico saat mereka menang 4-2 atas Inter sepekan silam.

Namun hanya empat hari sebelum menjamu Manchester City pada pertandingan Liga Champions yang wajib mereka menangi, lini depan Sassuolo tanpa ampun mengeksplorasi kelemahan-kelemahan pertahanan Roma.

Meski menyia-nyiakan peluang untuk mendekati sang pemuncak klasemen Juventus, pelatih Roma Rudi Garcia bersyukur timnya masih mendapat satu angka meski harus kehilangan gelandang Daniele De Rossi yang diusir keluar lapangan pada menit ke-52.

"Kami memperlihatkan kegigihan kami. Pertandingan malam ini merupakan ujian lainnya. Tertinggal 0-2 dan kehilangan seorang pemain berarti kami melakukan hal luar biasa pada malam ini," kata Garcia kepada Sky Sport.

"Kami melakukan 24 tembakan, meski kami semestinya mampu lebih akurat dan dengan sepuluh pemain hal itu memperlihatkan betapa kuatnya kami saat menyerang." Hasil imbang ini membuat Roma sekarang tertinggal tiga angka dari sang juara bertahan Juventus menyusul hasil imbang raksasa Turin itu di markas Fiorentina pada Jumat, namun Garcia berkata, "Anda tidak bisa mendapatkan (angka-angka) itu kembali, mereka telah hilang." Dengan satu mata mengarah ke pertandingan Grup E Liga Champions melawan City, Garcia mengistirahatkan Francesco Totti dan Radja Nainggolan, sedangkan bek kiri Ashley Cole kembali absen untuk pertandingan kedua secara beruntun.

Kombinasi cedera dan sakit membuat Roma juga tanpa diperkuat Vasilis Torosidis dan Leandro Castan, sedangkan gelandang Alessandro Florenzi terpaksa mengisi posisi bek kanan.

Dua gol Zaza Masalah-masalah pertahanan tim asuhan Garcia terlihat saat pertandingan berlangsung 18 menit, ketika penyerang Italia Simone Zaza mendulang dua gol untuk membawa Sassuolo secara mengejutkan unggul 2-0.

Zaza memecah kebuntuan pada menit ke-15 setelah mengejar bola operan Mapou Yanga-Mbiwa kepada Morgan De Sanctis.

Kiper Roma berupaya menyapu bola namun saat ia melakukannya, Zaza mampu memblok dan bola kemudian meluncur masuk gawang.

Roma tertinggal 0-2 tiga menit kemudian ketika perangkap offside mereka gagal membuahkan hasil.

Zaza, yang menguasai bola, dengan tenang melaju ke arah gawang untuk melesakkan bola melewati De Sanctis, dan bola masuk ke bagian atas gawang melalui sepakan dari luar kotak penalti.

Terakhir kalinya Roma kemasukan dua gol sebelum turun minum di kandang sendiri di Liga Italia adalah saat melawan AC Milan pada 29 Oktober 2011, meski pasukan Garcia sempat kemasukan lima gol sebelum turun minum pada Oktober saat mereka kalah 1-7 dari Bayern Munich di ajang Liga Champions.

Roma yang terkejut berupaya memperbaiki keadaan, namun upaya-upaya menjanjikan dari Mattia Destro dan Ljajic masih belum akurat, sedangkan beberapa menit sebelum turun minum, intervensi Jose Holebas menggagalkan Domenico Berardi mencetak gol dari jarak dekat.

De Rossi mendapatkan kartu merah akibat menerima kartu kuning kedua, setelah ia menarik Berardi ketika sang pemain sayap memiliki peluang tujuh menit setelah babak kedua dimulai.

Kevin Strootman, yang melakukan penampilan perdananya di liga di Olimpico menyusul pulihnya ia dari cedera, dan Juan Iturbe digantikan oleh Nainggolan dan Gervinho pada menit ke-54.

Namun meski kedua pemain utama itu telah masuk, Roma masih jauh dari aman - De Sanctis masih harus beraksi menyelamatkan gawangnya dengan menepis tembakan melengkung mendatar dari Berardi dengan satu tangan.

Bagaimanapun, Roma bernafas sedikit lega ketika tembakan Gervinho membentus tangan bek Sime Vrsaljko pada menit ke-78, dan Ljajic sukses mengeksekusi penalti yang dihasilkan dengan mengecoh Andrea Consigli.

Pemain Serbia itu kembali mencetak gol pada menit ketiga masa tambahan waktu, ketika bola Gervinho jatuh ke Florenzi di luar kotak penalti, dan Ljajic menyambar bola untuk memasukkannya ke gawang.

Zaza dapat berbangga dengan torehan empat golnya di musim ini, namun dengan kegagalan timnya untuk naik ke peringkat keenam, ia berkata kepada Sky Sport Italia, "Ada banyak rasa pahit karena kami berpikir kami akan membawa pulang hasil yang bagus. Namun entah bagaimana Roma menyamakan kedudukan, juga terdapat rasa marah." (AY)

.

Categories:Sepak bola,
Tags:sepak-bola,