SAR gabungan Temukan total 3 korban Tewas Banjir Cicurug

SAR gabungan Temukan total 3 korban Tewas Banjir Cicurug

Tim SAR gabungan lakukan pencarian korban hanyut banjir Cicurug Kabupaten Sukabumi. (foto - BNPB)

Sukabumi  -  Tim   SAR   gabungan  menemukan  korban  ketiga  yang  hanyut  terseret  banjir  di  Kampung  Cibuntu  Desa Pesawahan Kecamatan Cicurug Kabupaten Sukabumi, pada Senin 21 September 2020.

Koordinator Pos Basarnas Sukabumi Faber Sinaga mengatakan, dua korban ditemukan pada Rabu 23 September, sedangkan satu orang lainnya (korban ketiga) ditemukan pada Kamis 24 September sekitar pukul 15.08 WIB.

Dengan demikian, semua korban yang sebelumnya dinyatakan hilang akibat hanyut dalam bencana tersebut sudah ditemukan. "Semua korban telah ditemukan, pada hari kedua 2 korban dan hari ini satu korban lagi ditemukan," kata Faber, Kamis (24/9/2020).

Menurutnya, sampai saat ini belum ada lagi laporan warga yang hilang akibat bencana banjir bandang tersebut. Meski demikian, tim SAR gabungan bersama BPBD Kabupaten Sukabumi, tetap berada di lokasi guna melakukan penanganan pasca-bencana.

Cuaca yang mudah berubah menjadi salah satu kendala tim SAR gabungan, dalam melakukan proses pencarian korban. Sementara dari sisi peralatan semuanya sudah mencukupi. Tim SAR gabungan dibagi menjadi 2 tim untuk mengantisipasi banjir susulan. Satu tim bertugas di hulu sungai, sedangkan satu tim lagi di hilir.

epala Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta selaku SAR Mission Coordinator (SMC) Herman melaporkan, tim gabungan menemukan korban ketiga sejauh 15 km dari titik bencana.

Berdasarkan data yang didapat, korban ditemukan sekitar 15 km dari lokasi kejadian di Kecamatan Cicurug Kabupaten Sukabumi. Korban yang teridentifikasi atas nama Jajo (25) langsung dievakuasi ke RS Sekarwangi.

Ia menyatakan, pada pencarian hari keempat pagi tadi tim SAR gabungan melakukan pencarian dengan membagi area menjadi 2 (dua) dimana SRU pertama melakukan penyisiran di sepanjang Sungai Cicatih menggunakan rafting boat hingga 20 km dari lokasi kejadian.

Seperti diketahui, bencana banjir bandang melanda Kecamatan Cicurug Kabupaten Sukabumi pada Senin sore hingga mengakibatkan puluhan rumah rusak, korban luka-luka, serta mengakibatkan 3 orang korban hilang akibat terseret air.

Sementara itu, Kepala Seksi Kedaruratan BPBD Jabar Budi Budiman Wahyu menyatakan, sesuai data awal terdapat tiga kecamatan yang terkena banjir bandang ini. Yakni Kecamatan Cicurug Kecamatan Parangkuda dan Kecamatan Cidahu. Dari ketiga kecamatan ini total ada tiga warga yang meninggal dunia terseret banjir.

"Sedangkan total terdampak ada 729 jiwa dari 210 KK (kepala keluarga). Sebanyak 10 orang mengalami luka dan banyak yang mengungsi baik di rumah tetangga atau keluarganya," katanya.

Slain itu, ada 72 unit rumah rusak berat, 31 unit rusak sedang, dan 105 unit rusak ringan. Ada enam jembatan penghubung antar-desa yang rusak berat dan bendungan juga rusak. (Jr.)**

.

Categories:Nasional,
Tags:,