Pantai Kuta Penuh Sampah Tiap Akhir Tahun

Pantai Kuta Penuh Sampah Tiap Akhir Tahun

Ilustrasi Sampah.(Foto:Net)

Kuta - Pantai Kuta senantiasa dipenuhi sampah pada setiap akhir tahun. Penyebabnya, angin barat yang mulai berhembus dan sampah kiriman itu kini sudah mulai terlihat di pesisir kawasan pantai di Seminyak, Legian dan Kuta.

Kendati volumenya tidak terlalu besar, sejumlah petugas kebersihan tampak sudah mulai sibuk membersihkan sampah.  "Sampah ini sudah mulai terjadi sejak tiga hari lalu, tetapi volumenya masih kecil. Kita tetap siaga dan rutin mengadakan pengumpulan sampah dan bersih-bersih pantai yang dilakukan oleh anggota Satgas Pengelola Pantai," kata Plt. Ketua Satgas Pengelola Pantai Kuta Mangku Wayan Sirna di Pantai Kuta Bali, Minggu (7/12).

Menurut Sirna, sampah itu juga sudah pernah diangkut oleh petugas DKP sebanyak 2 kali di hari sebelumnya. Namun dikarenakan Minggu dan petugas pengangkut sampah DKP sedang dialihkan, maka hari ini tidak ada pengangkutan.  "Sementara off dulu, ini hari Minggu. Lagian belum terlalu besar volume sampah yang ada," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebersihan dan Pertahanan Kabupaten Badung, I Putu Eka Merthawan dihubungi terpisah menjelaskan, sebanyak 3 loader dan 6 dam truk angkut lengkap dengan para personelnya siap diterjunkan guna menindaklanjuti sampah kiriman itu bila kondisinya terjadi seperti tahun lalu. 

Eka mengatakan, untuk Unit Reaksi Cepat (URC) ada 23 orang. Tapi apabila dalam situasi yang lebih gawat lagi, akan terjunkan tambahan 100 personel plus armadanya di tahap pertama, 100 personel lagi di tahap kedua, dan 150 personel di tahap ketiga.  "Bila volume sampah terjadi sama seperti tahun lalu. Kita sudah siap segala personel dan armada angkut," tambahnya. (Jr.)**
.

Categories:Nasional,