Jabar Siapkan Rp 70 Miliar Dana Bencana

Jabar Siapkan Rp 70 Miliar Dana Bencana

ilustrasi

Bandung- Gubernur Jabar Ahmad Heryawan mengungkapkan Pemerintah Provinsi Jabar setiap tahun menggelontorkan anggaran untuk penanggulangan bencana alam sebesar Rp 50 sampai Rp 70 miliar.

 

"Anggaran yang digelontokan Jabar untuk bencana alam mencapai Rp 50-Rp 70 miliar per tahun," kata Gubernur kepada wartawan di Bandung, Senin (8/12/2014).

 

Ia menuturkan, Pemerintah Provinsi Jabar selalu siap siaga untuk melakukan penanggulangan bencana membantu masyarakat yang daerahnya terkena musibah bencana alam.

 

Bantuan yang diutamakan ketika terjadi bencana alam, kata dia, seperti logistik yakni makanan, berupa beras, berikut lauk pauk untuk para korban bencana.

 

"Dalam menghadapi bencana alam Pemprov Jawa Barat pun selalu siap baik dari sisi logistik, seperti beras dan lauk pauknya ataupun anggarannya," katanya.

 

Ia menambahkan, selain mengalokasikan anggaran, pemerintah juga terus melakukan sosialisasi dan mengevakuasi warga yang berada di kawasan rawan longsor.

 

Tindakan pemerintah itu, kata dia, sebagai antisipasi dari bahaya ancamanan bencana alam seperti longsor pada musim penghujan.

 

Bahkan Pemerintah Provinsi Jabar, lanjut dia, koordinasi dengan seluruh lapisan pemerintah daerah, serta unsur TNI/Polri dan masyarakat untuk menyosialisasikan bahaya bencana alam pada musim hujan.

 

"Sosialisasinya agar masyarakat tidak menempati atau membangun rumah di kawasan rawan bencana," katanya.

 

Sementara itu, sejumlah daerah di Jabar merupakan daerah rawan bencana longsor, gempa bumi, banjir, angin puting beliung, pergerakan tanah, bahkan tsunami.

 

Kabupaten Garut salah satu daerah yang memiliki potensi ancaman bahaya bencana alam, bahkan peringkat pertama daerah rawan bencana alam di Jabar. (AY)

.

Categories:Bandung,
Tags:bandung,