656 Relawan Terima Suntikan Ke-2 Uji Klinis Vaksin Corona

656 Relawan Terima Suntikan Ke-2 Uji Klinis Vaksin Corona

Relawan peserta uji klinis vaksin Covid-19. (foto - ist)

Jakarta  -  Uji  klinis  vaksin  Covid-19  Sinovac  masih  terus  berlangsung.  Direktur Utama  PT  Bio  Farma  Honesti  Basyir menyatakan, sebanyak 656 relawan telah menjalani penyuntikan kedua vaksin Corona Sinovac.

Sementara relawan yang telah mendapat suntikan tahap pertama, hingga saat ini sudah mencapai sebanyak 1.319 orang. Lalu adakah efek samping yang dilaporkan?

"Sudah ada 656 relawan yang sudah disuntik kedua, sampai saat ini belum ada reaksi serius setelah relawan disuntik, demam juga tidak ada," kata Honesti dalam siaran langsung di akun Youtube Komisi VI DPR, Senin (5/10/2020).

"Sampai saat ini belum ada reaksi serius dari suntikan itu. Mudah-mudahan ini bisa berjalan lancar agar Januari bisa kami sampaikan hasilnya ke BPOM, sehingga bisa diproduksi. Insyaallah akhir Januari atau awal Februari bisa vaksinasi," tegas Honesti.

Selain itu, ada 244 relawan yang sudah menjalani dua kali suntik vaksin Corona dan diambil plasma darahnya. Hal tersebut untuk melihat, apakah sudah ada yang membentuk antibodi.

Honesti menjelaskan, hasil uji klinis baru bisa dilaporkan dalam waktu 6 bulan. Uji klinis vaksin itu sendiri sudah dimulai sejak Agustus lalu, dan ditargetkan bisa segera selesai Januari serta mendapat persetujuan BPOM.

"Uji klinis memakan waktu enam bulan, mudah-mudahan ini lancar sehingga Januari bisa sampaikan hasilnya. Kita langsung registrasi ke BPOM, jika disetujui mereka akan mengeluarkan izin penggunaan sementara dalam kondisi emergensi (emergency use authorization)," katanya. (Jr.)**

.

Categories:Nasional,
Tags:,