Jalan Thamrin Membara Dua Halte TransJ Hangus Terbakar

Jalan Thamrin Membara Dua Halte TransJ Hangus Terbakar

Halte TransJakarta Bundaran HI dan Halte Sarinah dibakar. (foto - ist)

Jakarta  -  Kawasan  Jalan  Thamrin  Jakarta  Pusat  membara  setelah  dua  halte  TransJakarta  yang  berada  di  Bundaran HI dan Halte TransJakarta Sarinah dibakar massa. Api tampak membara asap pun membumbung tinggi, Kamis (8/10/2020) sekitar pukul 17.50 WIB.

Massa pendemo pun masih berkerumun di sekitar halte yang terbakar. Kobaran api masih terus menyala belum padam. Begitu pun Halte Bundaran HI uang dibakar massa.

Sore menjelang Magrib massa terkonsentrasi di sejumlah titik di wilayah Jakarta. Setidaknya, ada massa di simpang Harmoni, Tugu Tani, Patung Kuda serta kawasan Bundaran HI. Masa tersebut merupakan gabungan dari berbagai unsur.

Di Tugu Tani, Jakarta Pusat, massa masih memadati kawasan itu hingga membuat kendaraan tidak bisa melintas di jalan tersebut. Massa yang berada di lokasi ini pun tampak merusak sejumlah fasilitas umum. Termasuk Patung Tugu Tani dicorat-coret bernada makian kepada DPR RI.

Pos polisi di dekat Tugu Tani juga dibakar. Api kecil masih terlihat di pos polisi tersebut. Kericuhan itu pun sempat mereda sesaat. Namun, massa tiba-tiba merangsek ke arah barisan polisi. Polisi langsung menghalau dengan menembakkan gas air mata.

Pos Polisi Harmoni pun dibakar massa.

Sementara itu, rute (operasional) Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta semakin diperpendek. MRT saat ini hanya beroperasi dari Stasiun Lebak Bulus hingga Stasiun Blok M BCA. Diperpendeknya operasi MRT karena situasi dan kondisi tak memungkinkan yang dipenuhi massa demonstrasi penolakan Undang-undang Omnibus Law Cipta Kerja.

"Mempertimbangkan situasi keamanan terkini di area stasiun bawah tanah yang masih kurang kondusif, MRT Jakarta saat ini hanya beroperasi dari Stasiun Lebak Bulus hingga Stasiun Blok M BCA, sambil menunggu perkembangan selanjutnya," demikian keterangan Corporate Secretary PT MRT Jakarta Muhammad Kamaluddin.

Dengan demikian, Stasiun Bundaran HI, Dukuh Atas BNI, Setiabudi Astra, Bendungan Hilir, Istora Mandiri, Senayan dan ASEAN untuk sementara praktis ditutup. Sebelumnya pun operasi MRT hanya sampai Stasiun Setiabudi Astra. Stasiun Bundaran HI dan Dukuh Atas ditutup karena situasi tidak memungkinkan.

"Mempertimbangkan situasi keamanan di area Bundaran HI yang tidak kondusif, MRT hanya beroperasi dari Stasiun Lebak Bulus hingga Stasiun Dukuh Atas BNI sambil menunggu perkembangan keamanan lebih lanjut," katanya. (Jr.)**

.

Categories:Nasional,
Tags:,