Dermaga IV Pelabuhan Merak - Bakauheni Resmi Dioperasikan

Dermaga IV Pelabuhan Merak - Bakauheni Resmi Dioperasikan

Dermaga IV Pelabuhan Merak dan Bakauheni Resmi Beroperasi.

Cilegon - PT PP Tbk telah menyelesaikan pembangunan proyek Dermaga IV Pelabuhan Penyeberangan Merak - Bakauheni. Proyek pembangunan dermaga itu diresmikan oleh Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi di Dermaga Merak Banten, Senin 12 Oktober 2020.

"Perusahaan bangga dipercaya oleh PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) untuk membangun kembali Dermaga IV Pelabuhan Penyeberangan Merak dan Bakauheni," kata Toha dalam keterangannya, Senin (12/10/2020).

Menurutnya, pelaksanaan pembangunan dermaga itu dapat diselesaikan tepat waktu oleh perseroan sesuai dengan yang ditargetkan. Diharapkan, dermaga baru itu bisa meningkatkan layanan penyeberangan bagi masyarakat.

"Dengan beroperasinya pelabuhan dermaga IV Merak - Bakauheni, diharapkan dapat mengakomodir arus Natal dan Tahun Baru mendatang," katanya.

Sementara itu Budi Setiyadi mengatakan, dengan pengoperasian dermaga tersebut dapat membantu tugasnya untuk menata layanan penyeberangan saat ini. Hal itu sesuai dengan instruksi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Dengan beroperasinya dermaga ini akan terjadi penambahan 20 trip dari 140 menjadi 160 trip dalam satu hari. Sebanyak 1.500 kendaraan bisa terangkut per harinya. "Ini akan menjadi kebanggaan semua, karena selama 18 tahun dikelola swasta, Dermaga IV ini tidak ada kemajuan," tegas Budi.

Diketahui, proyek pembangunan Dermaga IV Pelabuhan Penyebrangan Merak - Bakauheni dimiliki oleh PT ASDP Indonesia Ferry dengan masa pelaksanaan proyek selama 365.

Dermaga IV Merak memiliki kapasitas 6.000 - 10.000 GRT dengan tipe dermaga Breasting Dolphin dan panjang dermaga 120 meter. Sedangkan Demaga IV Bakauheni memiliki kapasitas 6.000 - 10.000 GRT, dengan tipe dermaga Quay Wall dan Panjang dermaga 150 meter.

Ruang lingkup pekerjaan Dermaga IV Merak, antara lain pengerjaan struktur darat, pengerjaan struktur laut dan pembongkaran dermaga existing. Sedangkan untuk lingkup pekerjaan dermaga IV Bakauheni, yakni pembongkaran dermaga existing, pengerjaan struktur dermaga dan struktur movable bridge dan sideramp, pekerjaan timbunan dan rigid pavement serta pengerukan area kolam dermaga.

Prosesi peresmian berupa pengguntingan pita bunga secara simbolis. Peresmian tersebut turut dihadiri secara langsung oleh M Toha Fauzi selaku Direktur Operasi 2, dan Pande Ketut selaku SVP Divisi Infrastruktur 2 Perseroan.

Hadir pula Direktur Utama PT ASDP (Persero) Ira Puspadewi, Direktur Utama PT Jasa Raharja (Persero) Budi Rahardjo, Kapolda Banten Kombes Polisi Drs H. Abdurachman dan Walikota Cilegon Tubagus Iman Ariyadi. (Jr.)**

.

Categories:Nasional,
Tags:,