Berlian Pink Langka Segera Dilelang Rp 560 Miliar di Sotheby

Berlian Pink Langka Segera Dilelang Rp 560 Miliar di Sotheby

'The Spirit of the Rose' bakal dilelang di rumah lelang Sotheby bulan depan. (foto - Reuters)

Jenewa  -  Berlian  warna  ungu-merah  muda  (pink)  yang  sangat  langka segera  dilelang  di rumah  lelang  Sotheby  pada bulan depan. Harganya diperkirakan bisa mencapai 38 juta dolar AS, atau sekitar Rp 560 miliar.

Berlian 14,83 karat yang dijuluki "The Spirit of the Rose," itu akan dilelang di Swiss bulan depan, lebih dari tiga tahun setelah ditemukan dari sebuah tambang di timur laut Rusia.

Dengan mengambil namanya dari balet Rusia tahun 1911 'Le Spectre de la rose' permata itu dipotong dari berlian kasar yang lebih besar, yang digali oleh perusahaan pertambangan Alrosa tahun 2017. Lalu dengan berat 27,85 karat, temuan awal itu diyakini sebagai berlian warna merah muda terbesar yang pernah ditemukan di Rusia.

Dibutuhkan satu tahun untuk memotong dan memoles batu berbentuk oval, yang akan dipamerkan di Hongkong, Singapura dan Taipei sebelum tiba di Jenewa untuk lelang pada 12 November.

Sebagaimana dilansir CNN, ketua divisi perhiasan balai lelang Sotheby Gary Schuler mengatakan, kelangkaan berlian tersebut disebabkan oleh ukuran dan warnanya, yang telah dinilai sebagai "Fancy Vivid Purple-Pink".

Berlian itu juga diklasifikasikan sebagai tanpa cacat secara internal ukuran kejernihannya. Sedangkan batu itu termasuk dalam sub-kelompok berlian langka, yang mengandung sedikit atau tidak ada nitrogen.

"Hanya 1 persen dari semua berlian merah muda lebih besar dari 10 karat, dan hanya 4 persen dari semua berlian merah muda yang dinilai 'Fancy Vivid' dan menampilkan warna yang kaya dan hidup," sebut Schuler dalam pernyataan persnya.

"Memiliki kesempatan untuk menawarkan berlian merah muda besar yang dipoles dengan kekayaan warna dan kemurnian dari The Spirit of the Rose, merupakan sesuatu yang benar-benar luar biasa," katanya.

Dalam beberapa tahun belakang, berlian merah muda meningkat nilainya lebih cepat daripada berlian dengan warna lain. Menurut organisasi nirlaba Fancy Color Research Foundation yang menemukannya, harganya naik 116 persen antara tahun 2010 dan 2019.

Pada 2017, berlian merah muda 59,60 karat yang dikenal sebagai Pink Star menjadi permata termahal yang pernah dijual melalui lelang seharga 71,2 juta dolar AS, atau Rp1 triliun lebih di Sotheby Hongkong.

Sebelumnya, rekor lelang dunia untuk berlian merah muda adalah 46,16 juta dolar AS atau setara Rp 678 miliar. Ini merupakan jumlah yang dibayarkan untuk berlian bernama Graff Pink 24,78 karat di Jenewa pada tahun 2010.

"Berlian merah muda sekarang merupakan lima dari 10 berlian paling berharga ,yang pernah dijual di rumah lelang," kata kepala lelang bulan depan Benoit Repellin.

"Penjualan luar biasa ini yang semuanya terwujud dalam dekade terakhir, merupakan bukti apresiasi yang meningkat dan kesadaran akan kelangkaan besar harta karun alam di seluruh dunia. Dengan pasokan batu-batu indah itu menjadi semakin terbatas, mereka cenderung terus menjadi lebih berharga," tegasnya.

The Spirit of the Rose akan bergabung dengan 25 kelompok perhiasan lainnya di penjualan "Permata Megah dan Batu Mulia" Sotheby. Pengumuman hari Senin datang hanya seminggu, setelah rumah lelang di Hongkong menjual berlian putih 102,39 karat yang sangat langka seharga 15,7 juta dolar AS atau Rp 231 miliar. (Jr.)**

.

Categories:Unik,
Tags:,