Bayi Hiu Mata 1 Seperti Monster Ditemukan di Pantai Maluku

Bayi Hiu Mata 1 Seperti Monster Ditemukan di Pantai Maluku

Bayi hiu bermata satu yang ditemukan nelayan Maluku. (foto - The Sun)

Bandung  -  Nelayan  menemukan  hiu  bermata  satu  yang  tampak  seperti  monster  di  lepas  pantai  Maluku  Indonesia Timur. Hiu yang ditemukan itu ternyata janin belum lahir dalam induk hiu yang ditemukan mati setelah terperangkap jaring nelayan.

Saat perut induk hiu itu dibedah untuk mengeluarkan isi perutnya, para nelayan terkejut menemukan bayi hiu yang wujudnya tidak biasa di dalam perut itu. Mereka kemudian melaporkan hasil tangkapan hewan langka itu ke kantor kelautan setempat sebelum menyerahkannya untuk diuji.

Ia memiliki satu mata besar di tengah dahinya dan warna tubuhnya seputih susu. Sementara siripnya khas hiu pada tubuhnya yang sudah terbentuk sempurna. "Kami menemukan tiga bayi dalam perut induk hiu, tapi salah satu bentuknya aneh, matanya satu dengan warnanya yang juga aneh seperti susu," sebut salah seorang nelayan, seperti dilansir The Sun baru-baru ini.

"Induknya sudah mati saat ditemukan," katanya. Kondisi hiu tersebut secara ilmiah disebut sebagai cyclopia. Yakni kelainan bawaan langka yang ditandai kegagalan di bagian depan otak untuk membagi orbit mata menjadi dua rongga.

Kondisi lain yang tampak pada bayi hiu itu albinisme, yakni kondisi albino di mana hewan menghasilkan melanin dalam jumlah rendah. Diketahui, melanin bertanggung jawab atas pigmen dalam tubuh. Ini terjadi dalam spektrum cacat otak dan wajah yang dikenal sebagai holoprosencephaly, yang dapat menyebabkan keguguran atau lahir mati.

Namun demikian, hal itu bukan pertama kalinya ada hewan aneh hiu bermata satu muncul dari kedalaman perairan. Pada 2011 misalnya, salah satu makhluk yang sangat langka ditemukan di dalam perut hiu banteng di Teluk California.

Seorang pakar kelautan Felipe Galvan Magana dari Centro Interdisciplinario de Ciencias del Mar Meksiko mengatakan, kondisi semacam itu memang sangat langka. "Sejauh yang saya tahu, hanya ada kurang dari 50 contoh kelainan seperti ini yang telah dicatat," katanya. (Jr.)**

.

Categories:Unik,
Tags:,