Jet tempur F-5E Taiwan Jatuh ke laut Pilot dilaporkan tewas

Jet tempur F-5E Taiwan Jatuh ke laut Pilot dilaporkan tewas

Evakuasi pilot yang tewas setelah jet tempurnya jatuh ke laut di lepas pantai. (foto - CNA)

Taipei  -  Jet  tempur F-5E Taiwan  jatuh  ke  lautan di lepas  pantai timur  ketika  melakukan latihan  rutin. Pilot  jet tempur seorang pria 29 tahun itu pun dilaporkan tewas, setelah jet itu lepas landas dari Chihang di Taitung sekitar pukul 7.29 pagi.

Dilansir AFP, Kamis (29/10/2020) ini merupakan kecelakaan udara fatal kedua dalam tiga bulan terakhir ini. Angkatan Udara Taiwan menyatakan, pilot Chu Kuang meloncat keluar dari jet tempur F-5E itu, setelah melaporkan kerusakan mesin tak lama setelah lepas landas.

Petugas laut berhasil mengangkat pilot tersebut dari laut dalam keadaan tidak sadarkan diri. Namun akhirnya nyawa Chu Kuang itu pun tidak tertolong.

Kecelakaan tersebut terjadi pada saat Angkatan Udara Taiwan dipaksa untuk menghadapi tingkat penyusupan, yang belum pernah terjadi sebelumnya ke zona pertahanannya oleh jet tempur Cina.

Pilot Chu Kuang 29 tahun tewas setelah jet tempur Taiwan jatuh ke laut. (foto - Taiwan News)

Beijing memandang Taiwan yang berpemerintahan sendiri sebagai wilayah Cina, dan telah bertekad suatu hari akan merebutnya kembali, bahkan jika perlu dengan kekerasan. F-5E adalah pesawat tempur generasi tua dengan desain yang dibuat sejak sekitar 1960.

Kepala Staf Angkatan Udara Huang Chih-wei menyatakan kepada wartawan, semua pesawat tempur F-5 untuk sementara ini dilarang terbang untuk pemeriksaan keamanan setelah kecelakaan pada Kamis 29 Oktober itu.

Sebelumnya, pada bulan Juli, dua awak tewas dalam kecelakaan helikopter ketika militer Taiwan mengadakan latihan. Termasuk latihan yang melakukan simulasi serangan pantai dari Cina. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,