Puting Beliung Hantam Rumah Warga di Tiga Dusun Sukabumi

Puting Beliung Hantam Rumah Warga di Tiga Dusun Sukabumi

Rumah warga yang rusak di Desa Tugu Bandung Kecamatan Kabandungan Kabupaten Sukabumi. (foto - ist)

Sukabumi - Puting beliung terjang Kabupaten Sukabumi terekam kamera warga. Besarnya pusaran angin itu terlihat seperti asap dan terjadi di tengah hujan deras menyebabkan

Sejumlah rumah warga di Desa Tugu Bandung Kecamatan Kabandungan Kabupaten Sukabumi rusak dihantam angin puting beliung, Kamis (29/10/2020) sore. Belum diketahui pasti berapa jumlah rumah yang rusak akibat kejadian itu.

Kepala Bidang (Kabid) Rehabilitasi dan Rekonstruksi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi Anita Larasati, puting beliung terjadi di tiga dusun di wilayah Desa Tugu Bandung Kecamatan Kabandungan.

"Insiden puting beliung tersebut terjadi sekitar pukul 17.00 WIB," katanya. Selain merusak rumah penduduk, angin itu juga telah merusak bangunan lainnya. Salah satunya bangunan kandang ayam yang ada di wilayah tersebut.

"Kami belum mengetahui jumlah pastinya rumah penduduk yang terdampak dari bencana puting beliung ini. Namun, berdasarkan laporan Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Kabandungan, puting beliung itu telah merusak rumah warga yang ada di tiga dusun. Salah satunya di Kampung Cicadas," jelas Anita.

Anita menagtakan, saat ini pemerintah Desa Tugu Bandung bersama petugas gabungan tengah berada di lokasi untuk membantu membersihkan material bangunan yang rusak, akibat amukan puting beliung itu.

Menurut Dandim 0622 Kabupaten Sukabumi Letkol Arm Suyikno, tidak ada korban jiwa akibat kejadian tersebut. Ia sudah mengintruksikan anggotanya untuk memberikan bantuan kepada warga di lokasi kejadian.

"Peristiwa itu terjadi saat hujan deras mengguyur lokasi disertai angin puting beliung, personel sudah berada di Kampung Cicadas Desa Tugu Bandung Kecamatan Kabandungan. Sejumlah bangunan rusak terutama pada bagian atap," katanya. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,