Hyundai Resmi Luncurkan Ioniq & Kona, Mobil Listrik Termurah

Hyundai Resmi Luncurkan Ioniq & Kona, Mobil Listrik Termurah

Hyundai Kona Electric. (foto - hyundai)

Jakarta - Hyundai Motors Indonesia (HMI) resmi luncurkan dua mobil listrik sekaligus, Ioniq dan Kona Electric, Jumat (6/11/2020). Hyundai Ioniq dibanderol seharga mulai dari Rp 624,8 juta, menjadikan mobil listrik murni baterai termurah di Indonesia saat ini.

Dari segi eksterior, Hyundai Ioniq Electric sudah terpancar aura futuristik, berkat grill tanpa lubang dengan lampu khas unik yang berasal dari lampu depan LED ke Day Running Light (DRL).

Trim abu-abu anthracite yang terlihat pada bemper belakang dan bezel pada lampu siang hari di bagian depan, lebih menciptakan tampilan yang lebih halus dan dinamis. Tampilan dari samping pun tampak modern, berkat penggunaan pelek palang berukuran ring 16 dengan sentuhan dual tone.

Sedangkan dari sisi interior, Ioniq menampilkan kesan modern dengan kursi berbalut kulit. Mobil itu juga memiliki dua layar LCD yang menampilkan berbagai informasi untuk pengemudi. Cluster Supervision dengan layar LCD TFT 7' memberikan informasi penting dari kendaraan pada posisi yang mudah terlihat oleh pengemudi.

Layar audio 8 inci menjadi titik pusat dari Ioniq untuk konektivitas Smartphone dan Bluetooth melalui interface layar sentuh. Ioniq telah menerapkan sistem Shift-by-wire, yang menghilangkan proses mekanis. Ini memungkinkan perpindahan gigi hanya dengan menyentuh sebuah tombol dan rem parkir, juga melalui sebuah tombol.

Secara dimensi, Ioniq memiliki ukuran panjang 4.470 mm x lebar 1.820 mm x tinggi 1.475 mm. Wheelbase 2.700 mm dan jarak antar tanah 150 mm. Performa Hyundai Ioniq Powertrain dari Hyundai Ioniq menggunakan motor listrik bermagnet permanen, dan berefisiensi tinggi sebesar 100 kW (136 PS) yang dipasok oleh baterai lithium ion 38,3 kWh.

Motor mengembangkan torsi 295 Nm yang didistribusikan ke roda depan, dan berakselerasi 0-100 m dalam 9,9 detik. Untuk jarak tempuh mencapai 373 km (berdasarkan NEDC) dan 311 km (berdasarkan WLTP) dalam sekali pengisian daya.

Untuk pengisian daya penuh dapat dicapai dalam 54 menit, untuk pengisian mulai dari nol hingga 80 persen. Pengisian yakni dengan menggunakan stasiun pengisian kendaraan listrik berkapasitas 100 kW (DC).

Hyundai Ioniq itu juga bisa dicharging di rumah (standar) dari titik nol hingga 100 persen dengan memakan waktu 17 jam 30 menit, AC Charging 6 jam 5 menit. Selain itu fitur keselamatan juga menjadi perhatian lebih Hyundai, dengan dihadirkannya tujuh titik airbags, parking distance warning (PDW), tire pressure monitoring system dan electric parking brake dengan autohold.

Ada juga tiga pilihan mode berkendara yakni eco, sport, normal dan transmisi single speed reduction gear. Tombol dengan tipe Shift-by-Wire meningkatkan kenyamanan pengoperasian, konsol tengah juga dilengkapi baki pengisian daya telepon tanpa kabel. Untuk mengisi daya perangkat, cukup letakkan smartphone yang kompatibel pada antarmuka pengisian daya nirkabel.

Mengenai varian dan harga, Ioniq Electric hadir dalam 2 tipe, Prime dengan harga Rp 624.800.000 dan Signature Rp 664.800.000 (OTR Jakarta). Ada empat pilihan warna eksterior; Polar White, Fluidic Metal, Phantom Black dan Fiery Red. (Jr.)**

.

Categories:Otomotif,
Tags:,