Tak Tegakkan Prokes, Kapolda Metro Jaya dan Jabar Dicopot

Tak Tegakkan Prokes, Kapolda Metro Jaya dan Jabar Dicopot

Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono. (foto - ant)

Jakarta  -  Dianggap   tak  mampu  melaksanakan  perintah  Kapolri  khususnya  dalam  menegakkan  protokol  kesehatan  Covid-19, dua Kapolda docopot dari jabatannya. Kedua Kapolda itu, yakni Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Nana Sudjana dan Kapolda Jabar Irjen Pol Rudy Sufahriadi.

Demikian disampaikan Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono dalam konferensi pers di Mabes Polri Jalan Trunojoyo Kebayoran Baru Jakarta Selatan, Senin (16/11/2020).

"Terdapat dua Kapolda yang tidak melaksanakan perintah dalam menegakkan protokol kesehatan, sehingga diberikan sanksi berupa pencopotan," katanya.

Pencopotan jabatan itu kata Argo, sesuai dengan Surat Telegram Kapolri Nomor ST 3222/XI/Kep/2020 tanggal 16 november 2020, tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan Polri.

Argo mengatakan, posisi Kapolda Metro Jaya akan dijabat oleh Muhammad Fadil Imran, yang sebelumnya menjabat Kapolda Jawa Timur. Sementara Kapolda Jabar akan digantikan oleh Irjen Pol Ahmad Dofiri.

"Irjen Pol Nana Sudjana diangkat jabatan baru sebagai Koorsahli Kapolri dan Irjen Pol Rudy Sufahriadi diangkat sebagai Widyaiswara Kepolisian Utama Tingkat I Sespim Lemdiklat Polri," tegas Argo.

Sebelumnya Menkopolhukam Mahfud MD mengatakan. pemerintah menyesalkan pelanggaran protokol kesehatan dalam acara pernikahan putri Habib Rizieq Shihab, sekaligus peringatan Maulid Nabi di Petamburan Jakarta, pada Sabtu 14 November 2020.

Pemerintah juga akan memberikan sanksi kepada aparat keamanan yang tidak mampu bertindak tegas, dalam memastikan terlaksananya protokol kesehatan Covid-19.

"Kepada aparat keamanan, pemerintah meminta untuk tidak ragu dan tindak tegas dalam memastikan protokol kesehatan dapat dipatuhi dengan baik," katanya (Jr.)**

.

Categories:Nasional,
Tags:,