Bikin Kampung Ketahanan Pangan di HUT Pemprov

Bikin Kampung Ketahanan Pangan di HUT Pemprov

Bandung – BKPD (Badan Ketahanan Pangan Daerah) Provinsi Jawa Barat akan menggelar Kampung Ketahanan Pangan pada acara punyak HUT Pemprov Jabar, De Syukron. Acara ini akan digelar di halam Parkir Timur dan Parkir Barat Gedung Sate, mulai Jumat (19/09/2014).
 
Menurut keterangan Kepala Badan Ketahanan Pangan Jawa Barat, Dewi Sartika, acara ini sengaja di buat untuk memberikan pemahaman bagi masyarakat agar meningkatkan mutu konsumsi masyarakat.
“Kita ajak semua masyarakat untuk berperan meningkatkan keanekaragaman konsumsi pangan berbasis sumber daya lokal, bergizi, seimbang, aman, dan halal,” terang Dewi, Rabu (17/09/2014).
 
Menurut penilaian Dewi, potensi Ja­wa Barat sangat beragam, bahkan lebih dari setengah 77 sumber karbohidrat, 75 sumber lemak, 26 sumber kacang-kacangan, 389 sumber bebuahan, dan 228 sumber sayuran yang ada di Indonesia, semua ada di Jabar.
 
“Jabar ini sangat kaya akan pangan yang bergizi, aman, dan halal. Maka dari itu masyarakat dituntut harus cerdas dalam mengembangkan dan mengolah makanan menjadi sehat dan bergizi terutama makanan non beras.
 
“Setiap Rabu memang dianjurkan tidak mengonsumsi makanan berbahan baku beras dan terigu. Hal itu untuk lebih meningkat­kan komposisi pangan agar lebih beragam dan tidak mengandalkan kepada beras dan terigu saja,” ungkapnya.
 
Di acara Kampung Ketahanan Pangan akan ada demo mengolah cang­ka­leng dari mulai panen hingga siap diolah di santap. Olahan cangkaleng ini akan dibuat oleh chef ternama dari ICA Jawa Barat.(Ode)**
.

Categories:Bandung,
Tags:bandung,