Van Persie Bawa MU ke Peringkat 3

Van Persie Bawa MU ke Peringkat 3

Robin Van Persie.(Foto:Net)

Southampton - Robin van Persie mencetak dua gol saat Manchester United menang 2-1 atas tuan rumah Southampton pada Selasa (9/12/2014) WIB, dan meraih peringkat ketiga di klasemen Liga Utama Inggris.
 
Pemain Belanda itu mengeksploitasi blunder Jose Fonte untuk membawa United memimpin pada menit ke-12, dan mencetak gol kemenangan pada menit ke-71 dari tendangan bebas Wayne Rooney, setelah Graziano Pelle sempat menyamakan kedudukan.
 
United melompati Southampton dan West Ham United untuk menghuni peringkat ketiga, namun mereka beruntung dapat mengamankan kemenangan setelah penampilan yang tidak mengesankan, di mana mereka juga kehilangan bek tengah Chris Smalling yang menderita cedera kaki.
 
Meski demikian, saat ini pasukan Louis van Gaal telah memenangi lima pertandingan berturut-turut, yang mewakili dobrakan momentum menjelang pertandingan Minggu melawan rival abadi Liverpool.
 
Southampton memaksa kiper David de gea beraksi pada beberapa kesempatan, namun setelah kalah dari Manchester City dan Arsenal pada pertandingan-pertandingan sebelumnya, ini merupakan kekalahan ketiga secara beruntun bagi pasukan Ronald Koeman.
 
Southampton menciptakan peluang pertama, Shane Long menanduk menuju bagian atas gawang dari umpan silang Ryan Bertrand, namun justru United yang mampu unggul terlebih dahulu berkat Fonte yang kurang konsentrasi.
 
Bek Portugal itu, yang melakukan penampilan ke-200nya untuk Southampton, mengirim operan ke belakang yang tertuju kepada kiper Fraser Forster dan Van Persie mampu mencuri bola untuk menuntaskannya menjadi gol kelimanya musim ini.
 
Southampton bereaksi dengan cepat, dan mereka terbantu dengan fakta bahwa United kehilangan Smalling - pemain bertahan terkini yang mengalami cedera - di mana Johny Evans melakukan penampilan perdananya sejak September.
 
McNair ditarik keluar lapangan Pada fase itu, Pelle menanduk melebar bola tendangan sudut dari Steven Davis, dan Southampton terus menekan, di mana De Gea harus melakukan penyelamatan untuk menggagalkan upaya Pelle.
 
Gol penyama kedudukan tercipta pada menit ke-31, setelah operan lemah dari Marouane Fellaini membuat Davis dapat berlari menuju pertahanan tim tamu.
 
Paddy McNair menahan tembakan dari Tadic, namun Pelle menyusup untuk menyambar bola menuju bagian atas gawang untuk menjadi gol pertamanya sejak Oktober.
 
McNair kehilangan konsentrasi dan setelah sentuhan lemahnya membuat Long bisa menguasai bola, yang melepaskan tembakan melebar, pemain 19 tahun itu ditarik keluar lapangan, di mana Ander Herrera dimasukkan dan Michael Carrick diturunkan untuk membantu pertahanan.
 
Van Persie memberi ancaman melalui tembakan yang melengkung ke bagian sisi luar gawang, namun Southampton tetap tampil sebagai tim yang lebih baik pada babak kedua.
 
De Gea harus memblok upaya Long yang menyambar umpan silang dengan sundulan kepala, sedangkan Pelle kemudian melepaskan tembakan yang melambung di atas mistar dari operan Tadic setelah Marcos Rojo menjadi salah satu pemain United yang kehilangan bola.
 
Bagaimanapun, United-lah yang mencetak gol berikutnya. Kembali masuk tim setelah cedera lutut, Rooney melepaskan tendangan bebas dari sisi kiri dan Van Persie menyusup untuk melesakkan sepakan voli melewati Forster.
 
De Gea kembali membuktikan diri bagi United pada menit ke-77, ketika ia menggagalkan tembakan mendatar dari Pelle, sedangkan bek Nathaniel Clyne dan Bertrand masing-masing berupaya melepaskan sepakan yang masih belum akurat. (AY)
.

Categories:Sepak bola,