Usia Situs Gunung Padang Jauh Lebih Tua Dari Piramida Mesir

Usia Situs Gunung Padang Jauh Lebih Tua Dari Piramida Mesir

Cianjur – Berbagai temuan benda-benda artefak masa lalu di situs Gunung Padang  di Kampung Gunung Padang, Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka, Kab. Cianjur, semakin menguatkan kalau situs yang terkenal dengan susunan bebatuan ini memiliki peradaban tinggi di masanya.

Wakil Ketua Tim Nasional (Timnas) Bidang Arkeologi yang juga arkeolog senior dari Universitas Indonesia, Ali Akbar bahkan meyakini, tim peneliti sudah menemukan cukup banyak bukti-bukti peradaban di situs Gunung Padang.

Ia menyebutkan, penelitian pendahuluan yang telah dilakukan sejak 14 September 2014 dan akan berakhir sebelum 20 Oktober 2014, fokus pada pengungkapan temuan budaya yang berusia 5200 SM. Luas situs Gunung Padang lebih dari Candi Borobudur, dan temuan budaya berusia 5200 SM itu melebihi usia piramida di Mesir.

Terakhir, tim peneliti menemukan artefak berbentuk koin pada 15 September 2014 yang terpendam di kedalaman 11 meter. Temuan artefak menyerupai koin itu sempat membuat kaget tim peneliti. Pasalnya usianya diperkirakan 10 ribu SM jika melihat kedalaman tanah ditemukannya artefak tersebut.

Berdasarkan hasil dari penelitian yang telah dilakukan, tambah Ali, diperkirakan minimal ada tiga lapisan kebudayaan di situs Gunung Padang. Mulai dari 500 SM, 5200 SM, dan terakhir di kedalaman 11 meter usianya diperkirakan mencapai 10 ribu SM. (AY)

.

Categories:Nasional,
Tags:nasional,