Festival Maranggi upaya Purwakarta Mendongkrak ekonomi

Festival Maranggi upaya Purwakarta Mendongkrak ekonomi

Purwakarta menggelar Festival Maranggi. (foto - @purwakartakab.go.id)

Purwakarta  -  Sate   Maranggi  Purwakarta   secara  resmi  ditetapkan  sebagai  Warisan  Budaya  Tak  Benda  (WBTB)  oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Di Kabupaten Purwakarta sendiri sedikitnya terdapat 400 pelaku usaha sate maranggi. Dilihat dari sisi ekonomi, usaha sate maranggi tersebut memberikan dampak positif khususnya bagi perekonomian masyarakat.

Namun, di masa pandemi Covid-19 para pelaku usaha sate maranggi secara ekonomi juga terdampak. Penghasilan mereka menurun, sehingga pemerintah daerah harus hadir memberikan solusi dan spirit agar penghasilan mereka kembali pulih.

Menurut Kabid Pariwisata Disporaparbud Purwakarta Acep Yuli Mulya, di masa pandemi ini selain program pemulihan kesehatan, pemulihan ekonomi masyarakat juga menjadi skala prioritas.

Sejumlah program, bantuan serta kebijakan pemerintah daerah bagi masyarakat khususnya di Kabupaten Purwakarta telah dilaksanakan. Termasuk program di sektor pariwisata.

"Destinasi wisata kembali ditata untuk menambah daya tarik agar pengunjung kembali meningkat di era new normal pariwisata. Seluruhnya harus dipersiapkan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, kata Acep dalam keterangannya.

Ia mengatakan, secara teknis peresmian penataan destinasi wisata yang diresmikan oleh Bupati Purwakarta tersbeut dirangkaikan dengan Festival Maranggi.

Festival maranggi bertujuan sebagai ikhtiar pemerintah daerah dalam rangka mempromosikan sate maranggi dan bentuk motivasi kepada para pelaku usaha sate maranggi, agar penjualannya kembali meningkat.

"Selain itu penyelenggaraan festival maranggi sekaligus sebagai sosialisasi, agar para pelaku usaha sate maranggi tetap menerapkan protokol kesehatan. Oleh karena itu, jumlah pengunjung pun dibatasi, sebelum memasuki lokasi festival pengunjung wajib rapid test, cek suhu tubuh, cuci tangan dan memakai masker," tegas Acep. (Jr.)**

.

Categories:Kuliner,
Tags:,