Perbankan Diminta Dukung KUR UMKM

Perbankan Diminta Dukung KUR UMKM

Ilustrasi Foto.(Foto:Net)

Manado - Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah(UMKM) Sulawesi Utara, Rene Hosang mengatakan pemerintah meminta perbankan di provinsi ini lebih mendorong penyaluran kredit usaha rakyat(KUR) bagi UMKM.
 
"Perbankan agar memberikan porsi KUR lebih besar kepada UMKM Sulut," kata Rene di Manado, Selasa (9/12/2014).
 
Rene mengatakan penerapan prinsip kehati-hatian dalam menyalurkan kredit perlu diperlonggar bagi UMKM Sulut, karena dari data debitor, terbukti sebagian besar mampu mengembalikan dana pinjaman tersebut.
 
"Dana KUR memang milik perbankan, tetapi itu dijamin pemerintah bila disalurkan dengan benar, karena itu lakukan seleksi ketat, UMKM yang bankable dan potensial supaya dilayani," kata Rene.
 
Bila perbankan menyalurkan KUR, kata Rene agar kesempatan ini dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh UMKM, dengan demikian dana ini dapat meningkatkan usaha, imbasnya pada pertumbuhan ekonomi.
 
Kepala Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sulut, Gorontalo dan Malut, Purnama Jaya mengatakan penyaluran UMKM Sulut per September 2014 tercatat tumbuh 9,24 persen dibandingkan tahun sebelumnya.
 
"Realisasi kredit UMKM per September 2014 tercatat sebesar Rp6,89 triliun,tumbuh 9,24 persen dibandingkan tahun sebelumnya Rp6,31 triliun," katanya.
 
Penyaluran terbanyak pada usaha menengah mencapai Rp3,06 triliun atau tumbuh 0,62 persen dibandingkan tahun sebelumnya hanya Rp3,04 triliun.
 
Sementara usaha kecil, mencapai Rp2,44 triliun dibandingkan tahun sebelumnya Rp2,17 triliun atau naik 12,45 persen.
 
Untuk usaha mikro mendapat porsi Rp1,38 triliun atau tumbuh 26,89 persen dibandingkan tahun sebelumnya Rp1,09 triliun. (AY)
.

Categories:Perbankan,