MUI Serahkan Halal Award pada 7 Kabupaten/Kota

MUI Serahkan Halal Award pada 7 Kabupaten/Kota

Opak salah satu produk UMKM rumahan yang sudah memiliki label halal dan Depkes PIRT dari BPOM. (Foto : Cikalnews/ADE)

Bandung - MUI (Majelis Ulama Indonesia) Jawa Barat menganugerahkan penghargaan Halal Award kepada 7 kota/kabupaten, yang telah berhasil mensukseskan sertifikat halal pada para UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) di daerahnya. Ke-7 kota/kabupaten tersebut yaitu Kabupaten Subang, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Karawang, Kota Cimahi, dan Kabupaten Bogor.
 
Pemberian Halal Awards dan sertifikat halal kepada para pelaku UMKM kuliner Jawa Barat dilakukan di Gedung Pusat Dakwah Islam (Pusdai), Jl. Diponegoro, Kota Bandung, Selasa (9/12/2014). Hingga saat ini UMKM kuliner Jawa Barat yang sudah terdaftar di BPOM (Badan Pengawasan Obat dan Makanan) Jawa Barat dan MUI Jawa Barat sekitar 2.460 produk kuliner.
 
Sertifikat halal dan Depkes PIRT (Pangan Industri Rumah Tangga) dari BPOM sangat diperlukan pelaku usaha UMKM kuliner menghadapi persaingan di era MEA. Sebab dengan label ini menunjukan bahwa kualitas produk tersebut sudah terbilang layak jual.
 
Halal awards diberikan kepada kota/kabupaten yang telah memiliki produk kuliner dengan sertifikat halal sebanyak 10 persen, dari jumlah total yang terdaftar di BPOM Jawa Barat dan MUI Jawa Barat.
 
Misalnya saja dari Kota Cimahi yang berhasil menyabet Halal Awards, karena memiliki produk kuliner halal sebanyak 259 kuliner.
 
Menurut komentar Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan Kota Cimahi, Husen Rahmadi, dengan adanya acara Halal Awards ini pihaknya menginginkan semua makanan yang dimakan oleh masyarakat itu sudah jelas kehalalannya.
 
“Masyarakat di samping perlu makan-makanan yang sehat dan berkualitas juga harus menyantap hidangan yang halal. UMKM kuliner di Cimahi diharuskan punya label halal sebelum dipasarkan ke masyarakat luas” komen Husen di Gedung Pusdai.
 
Dalam kemasan makanan selain terdapat nomor BPOM RI, juga harus memiliki label halal agar masyarakat tidak khawatir saat menyantapnya. (AY)
.

Categories:Bandung,
Tags:bandung,