Tahu Tempe di Wilayah Cimahi pun Hilang Sejak Pekan Lalu

Tahu Tempe di Wilayah Cimahi pun Hilang Sejak Pekan Lalu

Pantauan terhadap para pedagang di Pasar Atas Baru Cimahi. (foto - ist)

Cimahi  -  Menghilangnya  tahu  tempe di  pasaran  tidak  hanya  terjadi  di  Kota  Bandung  tetapi  juga di sejumlah  pasar tradisional di wilayah Kota Cimahi. Tahu dan tempe tersebut sulit ditemukan di Cimahi, sejak Jumat 1 Januari 2021.

Tidak banyaknya pedagang yang berjualan tahu tempe dipicu akibat naiknya harga kacang kedele, yang merupakan bahan baku pokok kedua jenis makanan berprotein tersebut.

Rencananya, para pedagang tahu tempe akan kembali berjualan pada Senin 4 Januari 2021. Namun, berdasarkan informasi harganya mengalami kenaikan. Seperti diketahui, perajin tahu dan tempe melakukan aksi mogok produksi, karena harga bahan baku kedele melonjak.

Di Pasar Atas Baru Jalan Kolonel Masturi Cimahi misalnya, Minggu (3/1/2021) semua lapak pedagang tahu dan tempe dalam kondisi tutup. Tidak ada aktivitas jual beli di sana sejak 1 Januari 2021.

Padahal, banyak konsumen yang hendak membeli baik untuk konsumsi sendiri maupun untuk dijual lagi. "Ya, enggak ada tahu sama tempe sejak Jumat kemarin. Katanya Senin baru pada jualan lagi," kata sejumlah konsumen.

Diketahui, para pedagang sepakat untuk tidak berjualan selama tiga hari. Hal itu dilakukan sebagai bentuk protes kepada pemerintah atas melambungnya harga kedele.

Kepala UPTD Pasar Kota Cimahi Syahrizal Yusuf membenarkan, jika sejak tanggal 1 Januari 2021 semua pedagang tahu dan tempe di pasar tradisional yang dikelolanya tidak berjualan.

Menurut Syahrizal, pedagang tahu dan tempe di Pasar Atas Baru ada 11 lapak, pedagang di Pasar Cimindi 10 lapak dan pedagang tahu tempe di Pasar Melong terdapat 4 lapak. "Di Pasar Atas Baru, Pasar Cimindi dNamun, katanya mereka kembali berjualan pada Senin 4 Januari," katanya.

Ia mengakui, banyak konsumen yang datang hendak membeli tahu tempe ke tiga pasar yang dikelolanya. Harga tahu dan tempe kemungkinan besar akan mengalami kenaikan saat para pedagang kembali berjualan.

"Katanya harga tahu ukuran kecil dari sebelumnya Rp 3.000, untuk hari Senin naik menjadi Rp 3 500. Sedangkan untuk tahu ukuran besar harganya dari Rp 5.000 naik menjadi Rp 6.000," katanya. (Jr.)**

.

Categories:Ekonomi,
Tags:,