Nick Kuipers Beralasan, Persib Ajax Amsterdam-nya Indonesia

Nick Kuipers Beralasan, Persib Ajax Amsterdam-nya Indonesia

Nick Kuipers (kiri) saat ajak keluarga berbelanja di Kota Bandung. (foto - persib)

Bandung - Nick Kuipers, bek Persib Bandung asal Belanda menyamakan klubnya saat ini dengan klub raksasa asal negerinya Ajax Amsterdam.

Persib Bandung memang salah satu klub raksasa yang sudah lama berkecimpung di dunia sepakbola Indonesia. Klub berjuluk Maung Bandung itu sejak berdiri Maret 1933, telah ikut dalam kompetisi sepakbola Indonesia yang saat itu masih dalam bentuk perserikatan.

Wajar, apabila sampai saat ini Persib Bandung menjadi salah satu klub sepakbola Indonesia yang punya basis suporter besar. Jumlah pendukung Persib yang luar biasa tersebut tampaknya juga disadari betul oleh salah satu punggawan asingnya, yakni Nick Kuipers.

Nick yang bergabung dengan Persib Bandung sejak 2019 mengetahui betul, Persib punya pendukung fanatik dan tersebar di seluruh negeri.

Kebesaran nama Persib Bandung di Indonesia membuat sang pemain menyamakan Maung Bandung dengan Ajax Amsterdam. Ajax Amsterdam adalah salah satu klub terbesar di Belanda, yang punya basis suporter besar juga.

"Persib Bandung adalah Ajax-nya Indonesia," kata Nick Kuipers. "Mereka punya suporter di seluruh penjuru negeri, itu sungguh aneh," lanjutnya. Diketahui, Nick Kuipers sendiri jauh sebelum menginjakkan kakinya di Persib Bandung, sudah pernah merasakan pertandingan menghadapi Ajax Amsterdam.

Saat itu ia yang masih bermain di ADO Den Haag pada musim 2017/2018, pernah menghadapi Ajax di Liga Belanda. Untuk kedua kalinya ia menghadapi Ajax Amsterdam saat bermain untuk FC Emmen di musim 2018/2019.

Sejauh ini, Nick Kuipers saat ini masih berada di Belanda belum kembali ke Indonesia. Sebabnya, Persib belum menerima kepastian tentang kelanjutan kompetisi Liga 1 2020 dari PT LIB dan PSSI.

Hal itu juga yang mengurungkan Persib untuk kembali mengumpulkan skuadnya pada awal tahun 2021 ini. Sebelumnya, Persib sempat menjadwalkan para pemain untuk kembali ke Bandung pada 4 Januari 2021, untuk kembali berlatih bersama. (Jr.)**

.

Categories:Persib,
Tags:,