Bank Nagari Dapat Penyertaan Modal Rp 5,76 Miliar

Bank Nagari Dapat Penyertaan Modal Rp 5,76 Miliar

ilustrasi

Padang- Pemerintah Kota (Pemkot) Padang, Sumatera Barat (Sumbar) menambah penyertaan modalnya di Bank Pembangunan Daerah (BPD) Sumbar, PT Bank Nagari sebesar hampir Rp 5,76 miliar.
 
"Dengan penambahan modal ini maka total modal yang telah disetorkan Pemkot Padang untuk PT Bank Nagari sebesar Rp 54,74 miliar," kata Wali Kota Padang, H Mahyeldi di Padang, Selasa (9/12/2014).
 
Penambahan modal dengan dana dari APBD Kota Padang 2015 itu telah disampaikan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda)-nya kepada DPRD setempat.
 
Untuk tahun-tahun selanjutnya Pemkot Padang akan tetap menambah penyertaan modalnya sesuai dengan rencana kerja PT Bank Nagari, dimana BUMD tersebut sampai tahun 2017 membutuhkan tambahan modal sebesar hampir Rp1,22 triliun.
 
Menurut dia, atas kebutuhan tambahan modal tersebut maka proporsi untuk Padang sampai tahun 2017 akan disalurkan alokasi tambahan modal Rp44,33 miliar.
 
B"esaran ini setiap tahunnya akan disesuaikan dengan kemampuan keuangan Kota Padang," tambahnya.
 
Dengan demikian sampai akhir 2017 total penyertaan modal Pemkot Padang pada PT Bank Nagari sebesar Rp99,05 miliar.
 
"Atas penyertaan modal ini tersebut Pemkot Padang akan menerima deviden sebesar 20 persen dari modal yang disetorkan," katanya.
 
Lebih lanjut, Mahyeldi menjelaskan setiap penyertaan modal dilakukan harus melalui Perda sesuai dengan amanat Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 58 tahun 2005 tentang pengelolaan keuangan daerah.
 
PP tersebut berbunyi "penyertaan modal pemda dapat dilaksanakan apabila jumlah yang akan disertakan dalam tahun anggaran yang bersankutan telah ditetapkan dalam perda tentang penyertaan modal daerah bekenaan". (AY)
.

Categories:Perbankan,
Tags:perbankan,