Ditemukan, Titik Lokasi Jatuh Pesawat Sriwijaya Air SJ182

Ditemukan, Titik Lokasi Jatuh Pesawat Sriwijaya Air SJ182

Press conference di Crisis Center SJ182, Sabtu 9 Januari 2021 malam. (foto - ist)

Jakarta - Titik lokasi jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ182 ditemukan, namun penyebab jatuhnya pesawat masih belum bisa diinvestigasi. Pasalnya, petugas masih mendalami kondisi dan situasi di sekitar lokasi.

Demikian ditegaskan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT). "Untuk titik jatuhnya sudah diketahui, kami segera survei untuk mengetahui kondisi di lokasi dan menyesuaikan peralatan yang akan diturunkan," kata Kepala KNKT Soerjanto di Crisis Center SJ182, Sabtu (9/1/2021) malam.

Untuk saat ini, KNKT masih dalam tahap mengumpulkan data pesawat dan penerbangan, ketika SJ182 lepas landas. Tak hanya itu, KNKT pun akan meminta keterangan dari para nelayan yang melihat jatuhnya pesawat tersebut.

"Saat ini masih mengumpulkan data dan informasi yang lengkap. Kami juga sudah mendapatkan informasi tentang saksi yang melihat jatuhnya pesawat, besok akan kami minta keterangannya," katanya.

Proses investigasi bangkai pesawat itu sendiri dibantu oleh kapal Baruna Jaya IV milik Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). Kapal itu dilengkapi peralatan survei bawah air yang memudahkan proses investigasi.

"Kami berkomunikasi dengan BPPT untuk meminjam kapal Baruna Jaya 4 untuk proses pencairan, karena dilengkapi dengan perlengkapan bawah air," katanya. Seperti diketahui, pesawat Sriwijaya Air SJ182 dinyatakan hilang sesaat setelah lepas landas dari Bandara Soekarno - Hatta Tangerang Banten.

Kemenhub memastikan, pesawat tersebut jatuh di sekitar Kepulauan Seribu. Tercatat 62 orang manifes dalam pesawat tersebut yang terdiri atas 50 orang penumpang (7 anak-anak dan 3 bayi), serta 12 kru pesawat. (Jr.)**

.

Categories:Nasional,
Tags:,