KNKT ungkap Temuan Komponen SJ-182 yang Diidentifikasi

KNKT ungkap Temuan Komponen SJ-182 yang Diidentifikasi

Sejumlah barang dan komponen Sriwijaya Air SJ-182 yang ditemukan tim gabungan. (foto - ist)

Jakarta  -  Sejumlah  komponen  pesawat  Sriwijaya  Air  SJ-182  yang  jatuh  di  perairan  Kepulauan  Seribu  telah  diterima Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT). Komponen yang sudah teridentifikasi mulai dari ekor pesawat hingga peluncur darurat.

"Tim KNKT juga ada yang di JICT sudah menerima dari Basarnas beberapa komponen. Beberapa yang sudah diidentifikasi, antara lain beberapa instrumen pesawat ada GPWS dan radio altimeter, lalu alat peluncur darurat akan kita identifikasi dari pintu sebelah mana karena di pesawat itu ada 4," kata Ketua Sub Komite IK Penerbangan KNKT Nurcahyo Utomo, Minggu (10/1/2021).

"Selain itu bagian pesawat lainnya yang sudah bisa diidentifikasi, umumnya dari bagian ekor sebelah bawah. Namun demikian, kita belum bisa menentukan apakah itu dari sebelah kiri atau sebelah kanan," katanya.

Nurcahyo mengatakan, KNKT sudah mengirim tiga investigator bergabung bersama tim untuk melakukan pencarian sejak pagi. Belum ada perkembangan mengenai hasil, namun proses masih berlangsung.

"Tim juga sudah mengirim dua orang untuk melakukan pengumpulan data di Perum LPPNPI atau AirNav Indonesia, dan sudah mengumpulkan rekaman berikut transkrip pembicaraan antara pilot dengan pengatur lalu lintas udara," tegas Nurcahyo.

Selain itu, KNKT sudah mendapatkan data mentah dari data radar pergerakan pesawat. Data tersebut selanjutnya akan dikaji lebih mendalam.

"Tim juga sudah melakukan wawancara dengan petugas lalu lintas udara, yang kemarin bertugas mengendalikan penerbangan yang mengalami kecelakaan. Belum semua tuntas dilakukan dan untuk selanjutnya masih ada beberapa interview yang dilakukan," katanya.

Sebelumnya, KNKT diperintahkan presiden untuk melakukan penyelidikan terhadap jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ-182. Selain itu memerintahkan pencarian yang maksimal untuk korban kecelakaan pesawat rute Jakarta - Pontianak itu.

"Saya juga telah menyampaikan kepada KNKT untuk melakukan kajian penyelidikan terhadap musibah tersebut," katanya. Pemerintah akan melakukan upaya terbaik dalam proses evakuasi, dan mengajak masyarakat untuk berdoa atas musibah jatuhnya Sriwijaya Air SJ-182.

"Kita lakukan upaya yang terbaik untuk menemukan dan menyelamatkan korban,dan kita doakan bersama-sama agar para korban bisa ditemukan," tambahnya. (Jr.)**

.

Categories:Nasional,
Tags:,