15 Juta Bahan Baku Vaksin Sinovac Tiba di Bandara Soetta

15 Juta Bahan Baku Vaksin Sinovac Tiba di Bandara Soetta

Sebanyak 15 Juta Bahan Baku Vaksin Covid-19 Sinovac Tiba di Bandara Soetta. (foto - tangkap layar)

Tangerang  -  Sedikitnya  15  juta  dosis  bahan  baku  vaksin  Corona  (Covid-19)  Sinovac  tahap  tiga  tiba di Bandara Soekarno-Hatta Tangerang Banten, Selasa (12/1/2021) siang.

Berdasarkan laporan lewat YouTube Sekretariat Presiden, pesawat Garuda Indonesia tiba di Bandara Soekarno-Hatta Tangerang Banten, sekitar pukul 12.25 WIB. Para petugas bersiap mengangkut vaksin dengan sejumlah peralatan.

Sejumlah anggota TNI dan polisi juga bersiaga di dekat pesawat. Bahan baku vaksin Covid-19 tersebut disimpan di dalam envirotainer. Tujuannya untuk menjaga sistem rantai dingin (cold chain system) dalam proses distribusi.

Setelah itu, bahan baku vaksin Covid-19 dari Sinovac tersebut dibawa menuju terminal kargo Bandara Soekarno-Hatta, sebelum dikirim ke PT Biofarma di Kota Bandung Jawa Barat.

Setelah bahan baku vaksin Covid-19 Sinovac tersebut diproses di PT Biofarma Bandung, maka Indonesia ditargetkan bakal mempunyai 12 juta vaksin pada awal Februari mendatang.

Sebelumnya, Indonesia juga sudah kedatangan 3 juta dosis vaksin Covid-19 dari Sinovac dalam bentuk jadi. Vaksin itu belakangan sudah didistribusikan ke sejumlah daerah dan proses vaksinasi akan dimulai hari Rabu 13 Januari besok.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin pun memberikan kabar gembira terkait upaya vaksinasi di Indonesia. Dengan demikian, total 15 juta bahan baku vaksin dari Sinovac dijadwalkan tiba pada 12 Januari 2021.

"Berita baik, sebanyak 15 juta bahan baku vaksin akan datang insyaallah besok dari Sinovac," kata Budi Gunadi Sadikin, Senin 11 Januari 2021. Bahan baku vaksin dari Sinovac segera diproses Biofarma setibanya di Indonesia. Kemungkinannya Indonesia bakal punya 12 juta vaksin di awal Februari.

"Ini akan diproses di Biofarma dalam jangka waktu sekitar satu bulan, sehingga di awal Februari mendatang kita sudah memiliki 12 juta vaksin jadi dari 15 juta bahan baku tersebut," tegas Budi Gunadi Sadikin.

Seperti diketahui, Jokowi meminta program vaksinasi Covid-19 dapat diselesaikan kurang dari dalam satu tahun. Hal itu lebih cepat dari target Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin selama 15 bulan, yang akan menyasar sebanyak 181,5 juta orang. (Jr.)**

.

Categories:Nasional,
Tags:,