Liverpool Akhirnya Tersingkir

Liverpool Akhirnya Tersingkir

Liverpool Akhirnya Tersingkir

Liverpool - Perjalanan Liverpool di Liga Champions berakhir setelah mereka bermain imbang 1-1 dengan tamunya FC Basel, yang mengunci tiket ke putaran 16 besar setelah bertahan dari kebangkitan larut tuan rumah yang dipicu tendangan bebas Steven Gerrard pada Rabu (10/12/2014) dinihari WIB.

Gerrard melesakkan bola melengkung menuju sudut atas saat pertandingan tinggal menyisakan waktu delapan menit untuk membatalkan gol Fabian Frei pada babak pertama, namun tim Liga Utama Inggris itu, yang harus bermain dengan sepuluh pemain menyusul kartu merah yang diterima Lazar Markovic pada babak kedua, tidak mampu mengemas gol kemenangan.

Sebelum berupaya bangkit pada fase akhir pertandingan, tim tuan rumah tampil cukup mengecewakan yang membuat mereka harus finis di peringkat ketiga Grup B dengan hanya mengumpulkan lima angka, tertinggal dua angka dari tim peringkat kedua Basel.

Liverpool, yang start buruknya di musim ini tidak memperlihatkan tanda-tanda perbaikan, sekarang akan berkompetisi di Liga Europa.

Pelatih Liverpool Brendan Rodgers mungkin berhadap pada kesempatan ini timnya akan mampu memperbaiki penyerangan, namun setelah pertandingan berlangsung beberapa menit, permainan mereka berjalan seperti biasa di mana tim tamu justru mampu menekan tuan rumah.

Hanya diperlukan waktu 12 menit bagi Basel untuk menciptakan peluang bagus, ketika Shkelzen Gashi mendapat ruang di tepi kotak penalti, namun tembakannya melebar.

Hal itu terbukti menjadi peringatan yang tidak diwaspadai Liverpool saat mereka berupaya keluar dari tekanan, dan kepercayaan diri Basel bertambah sebelum kemudian berhasil membuka keunggulan pada menit ke-25.

Setelah memainkan operan di sekitar area pertahanan Liverpool, bola kemudian digulirkan ke Frei, yang melepaskan sepakan melintasi rumput Anfield dan menuju gawang Si Merah tanpa dapat dihentikan kiper Liverpool Simon Mignolet.

Pertandingan ini berpeluang menjadi pertunjukan horor bagi tuan rumah ketika Basel menyia-nyiakan sejumlah peluang, di mana Marco Streller melepaskan sepakan voli yang tidak akurat dan Gashi kembali mengancam gawang Liverpool namun telah terlebih dahulu berada dalam posisi offside.

Rodgers memasukkan Alberto Moreno dan Markovic dari bangku pemain pengganti sebagai upaya untuk memperbaiki permainan timnya, namun nama yang disebut terakhir hanya bermain selama 15 menit karena ia diusir keluar lapangan akibat membenturkan kepalanya ke wajah Behrang Safari, yang secara dramatis tersungkur ke lapangan.

Wasit Bjorn Kuipers membuat geram para penggemar Liverpool saat ia mengabaikan permintaan penalti Gerrard ketika sang kapten dilanggar oleh kiper Basel Tomas Valick, beberapa menit sebelum gelandang Liverpool itu mencetak gol melalui tendangan bebas dari sisi kiri kotak penalti. (AY)

.

Categories:Sepak bola,
Tags:sepak-bola,