Rute Penerbangan Perintis Sumenep-Bawean Dilelang

Rute Penerbangan Perintis Sumenep-Bawean Dilelang

ilustrasi

Sumenep - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan melelang rute penerbangan perintis yang akan melalui Bandara Trunojoyo Sumenep, di antaranya Sumenep-Bawean, kata Kepala Satuan Kerja Bandara Trunojoyo, Dwi Ariyanto.

"Lelang tersebut bersamaan dengan lelang rute penerbangan perintis lainnya se-Indonesia. Untuk rute yang melalui Bandara Trunojoyo, operator yang berminat itu minimal tiga perusahaan," ujarnya di Sumenep, Jawa Timur, Rabu (10/12/2014).

Satuan Kerja (Satker) Bandara Trunojoyo merupakan institusi kepanjangan tangan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub yang ada di Sumenep.

Selain Sumenep-Bawean, terdapat rute penerbangan perintis lainnya yang melalui Bandara Trunojoyo, yakni Sumenep-Kangean dan Sumenep-Surabaya.

"Pelelangan rute penerbangan perintis bisa dilanjutkan hingga ke penetapan pemenang lelang, jika minimal diikuti oleh sedikitnya tiga operator," ucapnya.

Dwi menjelaskan pihaknya memang memantau terus perkembangan pelelangan rute penerbangan perintis yang dilakukan pihak terkait di Kemenhub.

"Kami menginginkan secepatnya ada aktivitas penerbangan di Bandara Trunojoyo, dan yang paling memungkinkan adalah penerbangan perintis. Oleh karena itu, kami berharap pelelangan rute penerbangan perintis, khususnya di jalur yang melalui Bandara Trunojoyo, berjalan lancar," paparnya.

Ia juga mengemukakan biasanya pesawat yang digunakan untuk melayani penerbangan perintis adalah pesawat dengan kapasitas angkut di bawah 30 orang.

"Kalau pelelangan berjalan lancar, aktivitas penerbangan perintis yang melalui Bandara Trunojoyo Sumenep diperkirakan sudah bisa dimulai pada awal 2015," kata Dwi. (AY)

.

Categories:Nasional,
Tags:nasional,