Chick Corea, Legenda Jazz Penerima 23 Grammy Tutup Usia

Chick Corea, Legenda Jazz Penerima 23 Grammy Tutup Usia

Maestro jazz Chick Corea. (foto - Getty Images)

New York City  -  Maestro  jazz  Chick  Corea  meninggal  dunia  pada  usia  79  tahun.  Pianis  asal  Amerika  itu meninggal akibat kanker langka, pada Selasa 9 Februari 2021. Kematian peraih 23 Grammy Awards itu pun telah dikonfirmasi langsung oleh sang manajer, Dan Muse.

Dilansir Associated Press, Jumat (12/2/2021) lewat laman Facebook-nya, Corea meninggalkan pesan untuk para penggemarnya. "Saya ingin berterima kasih kepada semua yang menemani perjalanan dan membantu saya untuk tetap menyalakan musik," demikian tulis Chick Corea.

"Harapanku bagi mereka yang memiliki gairah untuk bermain, menulis, tampil atau sebaliknya, tetap melakukannya. Jika bukan untuk dirimu sendiri, untuk kami semua," lanjutnya. Kepiawaian Chick Corea dalam meracik musik dibuktikan dengan merilis belasan album.

Bahkan, pemilik nama asli Armando Anthony Corea itu pernah menggantikan Herbie Hancock dalam grup Miles Davis, untuk bermain di album "In a Silent Way dan Bitches Brew". Sepanjang kariernya, Corea pernah membentuk sebuah grup avant-garde yang dinamai Circle. Ia lalu mendirikan grup lain bernama Return to Forever.

Berbagai jenis proyek musik pernah ia jalani, termasuk berduet dengan Hancock dan ahli getaran suara Gary Burton. Rekam jejak perjalanan bermusik Corea tertata rapi dalam musik klasik, standar, solo original, jazz Latin dan tribute untuk para pianis hebat lainnya.

Chick Corea juga pernah dinobatkan sebagai National Endowment of the Arts Jazz Master pada 2006. Ia lalu menjadi anggota dari Gereja Scientology dan tinggal di Clearwater Florida. Selain kemenangan di ajang Grammy Awards, Chick Corea juga pernah memenangkan empat Grammy Latin.

Bahkan, dalam sebuah twit Academi Rekaman Latin menyebutnya sebagai "pianis virtuosik dan salah satu musisi jazz Latin paling terkemuka sepanjang masa". Dengan 23 Grammy Awards, Chick Corea merupakan artis musik dengan penghargaan Grammy terbanyak sepanjang masa.

Pada tahun ini Chick Corea berkesempatan mendapatkan dua Grammy Awards yang akan digelar pada 14 Maret mendatang. Ia masuk nominasi Best Improvised Jazz Solo dengan album All Blues dan Best Instrumental Album dengan Trilogy 2. (Jr.)**

.

Categories:Musik,
Tags:,

terkait

    Tidak ada artikel terkait