3 Klub Indonesia Dijatuhi Sanksi FIFA

3 Klub Indonesia Dijatuhi Sanksi FIFA

Presiden FIFA Sepp Blatter ,menjatuhkan sanksi terhadap 3 club sepak bola Indonesia.(Foto:Net)

Jakarta  - Komisi Disiplin Badan Sepak Bola Dunia (FIFA) menjatuhkan sanksi terhadap tiga klub Indonesia, karena membocorkan data mengenai informasi transfer yang sangat rahasia di media sosial.

Seperti dikutip dari situs resmi FIFA, Rabu (10/12) Persebaya Surabaya dan Persires Bali Devata masing-masing dijatuhkan sanksi denda 25.000 Franch Swiss (Rp 318 juta), karena mempublikasikan data FIFA  "Transfer Matching System" (TMS) melalui akun Twitter.

Sementara klub PSIS Semarang harus membayar 15.000 Franc Swiss (Rp 190 juta) karena mempublikasikan ulang isi Twitter tersebut dan mempublikasi surat rahasia yang dikirim TMS FIFA. Ketiga klub itu juga mendapat surat teguran dan pemberitahuan mengenai sanksi tersebut Selasa (9/12).

Sanksi tersebut terkait peraturan FIFA mengenai status dan transfer pemain. Ini untuk pertama kalinya Komisi Disiplin FIFA memberi sanksi kepada klub sepak bola terkait pembocoran data rahasia lewat media sosial.

Mereka mengikuti investigasi oleh FIFA TMH GmbH - bagian di FIFA yang bertugas memastikan, transfer internasional pemain profesional dilaksanakan sesuai TMS, yang diwajibkan sejak Oktober 2010. Data secara online itu bersifat rahasia terbatas untuk pihak-pihak yang terlibat langsung dalam suatu urusan transfer. (Jr.)**

.

Categories:Sepak bola,