Bupati Sumedang Jadi Tersangka

Bupati Sumedang Jadi Tersangka

Bandung – Bupati Sumedang, Ade Irawan akhirnya ditetapkan sebagai tersangka oleh Kejati Jabar dalam kasus dana perjalanan dinas DPRD Kota Cimahi tahun anggaran 2011, yang merugikan negara sekitar 1,7 miliar.

Menurut Kasipenkum Kejati Jabar Suparman didampingi Kasi Penyidikan Pidana Khusus Kejati Jabar, Heru Widjatmiko di Kejati Jabar, Jln. L.L.R.E. Martadinata, Kamis (18/09/2014), dari hasil penyelidikan oleh tim Kejati Jabar ditemukan beberapa bukti terkait dugaan pidana korupsi. Saat itu Ade menempati posisi Ketua DPRD Kota Cimahi.

"Setelah didapatkan cukup bukti, AI kita tetapkan sebagai tersangka," kata Suparman sambil menyebutkan, Ade Irawan ditetapkan sebagai tersangka pada Rabu (17/09/2014) kemarin dengan dikeluarkan surat perintah penyidikan terbaru untuk kasus tersebut yaitu sprint No. 48/0:FD.1/09/2014. Sebelumnya, Kejaksaan Negeri (Kejari) Cimahi telah menetapkan sembilan orang tersangka ES, RT, RS, DAN, N, IN dan RMM serta EF dan NS. Kasus yang mulai disidik sejak Mei 2013 itu terungkap karena adanya laporan hasil audit BPK tahun 2012 yang menemukan kelebihan dana pada total pengeluaran perjalanan dinas dewan tahun 2011 sekitar Rp 1,7 miliar.

Ditetapkannya Ade Irawan sebagai tersangka, membuat Gubernur Jabar Ahmad Heryawan angkat bicara. Ahmad Heryawan menyerahkan sepenuhnya kasus ini pada proses hukum. Namun untuk kelangsungan roda pemerintahan, dia mendesak DPRD Sumedang segera menetapkan wakil bupati yang hingga kini masih kosong. (AY)

.

Categories:Bandung,
Tags:kriminal,