Eks Presiden Barcelona Dibekuk, Kantor pun Digeledah Polisi

Eks Presiden Barcelona Dibekuk, Kantor pun Digeledah Polisi

Polisi lakukan penggeledahan di kantor Barcelona. (foto - Getty Images)

Barcelona  -  Pihak   kepolisian   lakukan  penggeledahan  di   kantor  Barcelona  terkait  kasus  Barcagate  yang  berbuntut penangkapan eks presiden klub, Josep Maria Bartomeu. Demikian pernyataan resmi Barca.

Kantor Barcelona digeledah kepolisian, Senin 1 Maret 2021 waktu setempat terkait kasus Barcagate. Ini skandal di mana klub menggandeng konsultan media, I3 Ventures untuk meningkatkan citra klub di media sosial dan menyerang pihak yang tak sejalan dengan presiden, Josep Maria Bartomeu.

Diketahui, skandal Barcagate meluas saat dituding ada kasus korupsi di dalamnya. Kepolisian menganggap, ada tanda-tanda manipulasi laporan keuangan, di mana ongkos jasa agensi dimark-up hingga lebih 600 persen dari harga pasaran.

Kasus tersebut memaksa Josep Maria Bartomeu mundur dari jabatannya, setelah didesak oleh mosi tak percaya dari anggota klub. Bartomeu pada akhirnya ditangkap polisi usai penggeledahan bersama dengan tiga orang lainnya.

Mereka di antaranya mantan CEO Barcelona Oscar Grau, penasihat Bartomeu, Jaume Masferrer dan kepala pelayanan legal klub Roman Gomez Ponti. Barcelona pun menyatakan dukungan penuh terhadap pemeriksaan kasus tersebut.

Penggeledahan oleh kepolisian Catalan pagi ini di kantor Camp Nou berdasarkan perintah pengadilan nomor 13 di Barcelona, yang mana bertanggung jawab atas kasus menyangkut hubungan dengan layanan pemantauan jejaring sosial.

"Barcelona telah menawarkan kerja sama penuh dengan otoritas legal dan pihak kepolisian untuk membantu menjelaskan sejumlah fakta yang menjadi subjek investigasi," ungkap pernyataan resmi Barcelona.

"Informasi dan dokumentasi pun diminta oleh polisi terkait fakta menyangkut kasus itu. Barcelona menaruh rasa hormat setinggi-tingginya terhadap proses hukum yang berjalan, dan atas penerapan asas praduga tak bersalah untuk orang-orang yang terdampak dalam investigasi tersebut". (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,