Menkes, 2 Kasus Corona Inggris B117 Masuk RI dari Arab Saudi

Menkes, 2 Kasus Corona Inggris B117 Masuk RI dari Arab Saudi

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. (foto - ant)

Jakarta - Tepat satu tahun pandemi Covid-19 di Indonesia, wakil menteri kesehatan mengumumkan temuan dua kasus Covid-19 varian Inggris B117. Diketahui, keduanya adalah kasus impor dari Saudi Arabia.

"Semalam kita menemukan dua kasus, masuk dari Saudi Arabia dan memiliki strain virus baru," kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Selasa 2 Maret 2021. Sejauh ini, belum ada publikasi ilmiah yang menyatakan varian itu lebih fatal.

Namun, ia mengingatkan untuk tetap waspada. "Pesan saya tetap jalankan disiplin, memakai masker, cuci tangan dan jaga jarak. Masyarakat yang harus dijaga selama kita tetap lakukan protokol kesehatan yang baik, apa pun virusnya dapat kita hindari," kata Budi.

Namun, Kepala Lembaga Biologi Molekuler Eijkman Prof. Amin Subandrio sebelumnya mengatakan, dua kasus Covid-19 varian B117 merupakan kasus impor. Keduanya datang beberapa pekan lalu.

"Kasus tersebut sebenarnya kasus impor dan datangnya bukan tadi malam, tapi sudah beberapa minggu yang lalu. Karena berbagai prosedur baru terdeteksi ada dua kasus," kata Prof. Amin.

"Ini fresh from the oven, baru tadi malam ditemukan dua kasus. Artinya, kita kan menghadapi pandemi ini dengan tingkat kesulitan yang makin berat," lanjutnya. (Jr.)**

.

Categories:Nasional,
Tags:,