Perpres Miras Dicabut Membuat Investor kian Ragu Tanam Modal

Perpres Miras Dicabut Membuat Investor kian Ragu Tanam Modal

Investor makin ragu tanam modal di Indonesia pasca-pencabutan Perpres miras. (foto - Reuters)

Bandung - Pencabutan lampiran izin investasi miras dalam Perpres nomor 10 Tahun 2021 bisa berdampak pada keraguan investor ragu untuk menanamkan modalnya di Indonesia.

Pasalnya, sejak dulu hingga sekarang ini hal yang kerap menjadi masalah bagi kalangan investor untuk berinvestasi di Indonesia, yakni belum jelasnya kepastian hukum atau juga kerapkali berubah-ubah.

"Investor akan selalu melihat, dari dulu salah satu isu investasi di Indonesia masih belum jelasnya kepastian hukum, regulasi di Indonesia masih belum jelas," kata Pengamat Ekonomi Universitas Indonesia Teuku Riefky, Selasa 2 Maret 2021.

Kebijakan Presiden Jokowi mencabut aturan izin investasi miras tersebut, dipastikan berdampak buruk di mata investor. Ia berharap, kejadian seperti itu tidak terulang kembali.

Menurutnya, sebelum menerbitkan suatu Perpres pemerintah seharusnya sudah memperhitungkan secara matang, seberapa besar kegaduhan atau dampak politik yang mungkin terjadi untuk ke depannya.

"Kita harapkan pemerintah kalau mau mengeluarkan suatu kebijakan harus sudah diyakini, sekaligus dirasa tidak akan menimbulkan kegaduhan di kalangan masyarakat," tegas Riefky.

Selain itu, baik pemerintah maupun masyarakat harus sama-sama belajar dalam menyikapi suatu isu. Bagi pemerintah harusnya bisa menalar kegaduhan apa yang akan terjadi, dan bagi masyarakat harus bisa memahami isunya sebelum menyuarakan penolakan.

"Apa yang terjadi saat ini kegaduhan yang muncul itu karena masyarakat kurang paham dengan isunya. Ini bukan hanya miras dan ini tidak terjadi di negara lain, yang juga mayoritas penduduk muslim dan negara maju," katanya. (Jr.)**

 

.

Categories:Nasional,
Tags:,